Bahaya Sepelekan Titik Buta Saat Mengendarai Mobil

Kompas.com - 06/06/2022, 19:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada sejumlah titik buta atau blind spot pada mobil yang wajib diperhatian pengendara. 

Karena bila disepelekan atau tidak diantisipasi, besar kemungkinan bisa menimbulkan terjadinya kecelakaan.

Untuk mobil jenis mobil MPV memiliki sejumlah blind spot yang jika lengah sedikit, benda-benda di sekitar bisa tertabrak.

Baca juga: Daftar Harga MPV Murah Jelang Peluncuran Suzuki Ertiga Hybrid

 

Apalagi bila penempatan posisi spion tidak sesuai visibilitas dari pengendara, di area parkir sekalipun bisa terjadi kecelakaan.

Training Director Safety Defensive Consultang Indonesia Sony Susmana mengatakan, titik blind spot kabin mobil, yakni pilar A dan pilar B.

"Posisi pilar A letaknya lurus pandangan kita, posisinya miring. Sedangkan pilar B itu tempat menempelnya sabuk pengaman," ucap Sony kepada Kompas.com, Senin (6/6/2022).

Ilustrasi lampu pada kabin mobilpixabay/PublicDomainPictures Ilustrasi lampu pada kabin mobil

"Duduk di jok pengemudi, minta satu orang berdiri satu meter di sekitar area pilar B. Setting kaca spion, lihat posisi obyek utamanya mengukur jarak dengan posisi pengemudi," katanya.

Posisi obyek tersebut, lanjut Sony, justru secara visual menipu perspektif pandangan pengemudi.

Karena itu, saat ingin berkendara atau berbelok pengemudi wajib melakukan shoulder check ke arah yang akan dituju dan sebaliknya.

"Menoleh cepat memastikan area sekitar aman, agar mengurangi risiko blind spot," ujarnya.

Baca juga: Pentingnya Ritme Pedal Gas dan Kopling di Tanjakan bagi Mobil Manual

Posisi kaca spion yang ideal agar bisa berfungsi dengan baik.www.inovasee.com Posisi kaca spion yang ideal agar bisa berfungsi dengan baik.

Selain itu, titik blind spot lain terletak di bagian belakang kendaraan, yakni sudut kanan dan kiri bumper. Oleh karena itu, setel spion sesuai posisi ergonomis pengemudi.

"Posisi itu saat macet, banyak sepeda motor berseliweran sehingga pengemudi harus ekstra hati-hati saat pindah dari jalur A ke jalur B," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.