Kompas.com - 07/06/2022, 06:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Surat Izin Mengemudi (SIM) memiliki masa berlaku yang terbatas, yaitu lima tahun. Pemilik kendaraan bermotor perlu melakukan perpanjangan SIM secara berkala, agar statusnya tidak mati.

Jika status SIM sudah mati, maka harus dilakukan pembuatan ulang. Ini memakan waktu yang lebih lama, karena melibatkan rangkaian proses yang lebih banyak.

Ada beberapa cara yang disediakan oleh pihak kepolisian seperti perpanjangan daring melalui aplikasi Digital Korlantas Polri, atau dengan mendatangi Satuan Penyelenggara Administrasi (Satpas) SIM keliling.

Baca juga: Hasil MotoGP Catalunya 2022, Quartararo Juara, Aleix Espargaro Memalukan

Bagi warga Kota Bekasi yang ingin melakukan perpanjangan SIM, layanan SIM keliing beroperasi di beberapa wilayah terbatas.

Perlu diingat, layanan SIM keliling hanya diperuntukkan bagi masyarakat yang ingin melakukan perpanjangan masa berlaku SIM A dan SIM C saja. Untuk SIM B, butuh tes simulasi dengan peralatan yang hanya tersedia di Satpas induk masing-masing Polres.

Sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak, biaya perpanjangan SIM A adalah Rp 80.000, sedangkan biaya perpanjangan SIM C adalah Rp 75.000.

Syarat perpanjangan SIM A atau C adalah membawa fotokopi KTP yang masih berlaku, fotokopi SIM lama dan SIM asli, surat keterangan sehat dan tes psikologi SIM.
Berikut lokasi pelayanan SIM keliling di Kota Bekasi hari ini:

Selasa, 7 Juni 2022

Pukul 08.00 - 10.00 WIB

  • Mega Bekasi Hypermall, Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 1
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.