Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pria Ini Touring Keliling Eropa Buat Bantu Sekolah di Indonesia Timur

Kompas.com - 06/06/2022, 18:51 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Dua tahun Covid-19 membuat kegiatan aktivitas luar ruangan sempat terhenti. Hal ini cukup menyiksa terutama buat penggemar touring yang suka naik motor jarak jauh.

Hal itu pun dirasakan oleh Abi Tri Hutomo yang merasa aktivitasnya naik motor terganggu Covid-19. Tapi hal itu yang justru mendorongnya untuk mewujudkan idenya selama ini yaitu touring ke Eropa.

Bersama temannya Jodie, wiraswasta muda ini akhirnya merencanakan touring dari Jakarta-London. Tapi lagi-lagi karena Covid-19 rencana tersebut mesti dimodifikasi.

Baca juga: Belajar dari Kasus Pemukulan di Jalan Tol, Ini Penyebab dan Antisipasinya

Abie bersama temannya start dari Inggris pada 26 Maret 2022 dan akan finis sekitar 13 Juli 2022. Foto: Abi Abie bersama temannya start dari Inggris pada 26 Maret 2022 dan akan finis sekitar 13 Juli 2022.

"Awalnya rencananya Jakarta- London, tapi karena di beberapa negara Asia (perbatasan) masih tutup, akhirnya kita touring di Eropa saja dengan start dari London, Inggris," kata Abi kepada Kompas.com, Senin (6/6/2022).

Abi start dari Inggris pada 26 Maret 2022 dan akan finis sekitar 13 Juli 2022. Menjelajah sejumlah negara-negara di Benua Biru menggunakan Kawasaki Versys 250.

"Rencana awalnya total 28 negara, tapi karena ada perang di Eropa Timur (Rusia-Ukrania), kita mengurangi cukup banyak negara dan yang akhirnya mengurangi kilometer juga," kata dia.

Baca juga: Desain Eksterior Honda HR-V dan Kia Sonet, Siapa Lebih Ganteng?

Abi touring menjelajah menggunakan Kawasaki Versys 250 melewati negara-negara Eropa.Foto: Abi Abi touring menjelajah menggunakan Kawasaki Versys 250 melewati negara-negara Eropa.

"Tadinya total kilometer di Eropa itu 25.000-30.000 km, sekarang sekitar 15.000 km melewati 16-17 negara. Mulai Inggris, Perancis, Luxsemburg, Belgia, Belanda, Jerman, Denmark, Norwegia, Swedia, Finlandia. Nanti setelah itu jalan dari Denmark lagi tapi ke Austria, Liechtenstein, Italia, Spanyol, Andorra dan Monako," katanya.

Penyuka olahraga badminton ini tidak membawa motor dari Indonesia. Dengan beberapa pertimbangan, sebagai gantinya dia beli motor di Inggris untuk digunakan berkeliling Eropa.

"Namun di Inggris ada kendala, karena motor kita beli di Inggris tapi kita tidak dapat asuransi di Inggris, jadi kita tidak bisa riding di Inggris, jadi kita dapat asuransi (buat) di Eropa saja," kata dia.

"Jadi di Inggris kita beli motor, kemudian motor tersebut kita towing sampai ke Euro Tunnel setelah itu baru kita riding ke Eropa," kata Abi.

Baca juga: Cara Mendeteksi Mobil Bekas Tabrakan yang Benar

Abi touring menjelajah menggunakan Kawasaki Versys 250 melewati negara-negara Eropa.Foto: Abi Abi touring menjelajah menggunakan Kawasaki Versys 250 melewati negara-negara Eropa.

Pemilik akun Instagram abiemanyoe92 ini mengatakan touring mendapat sokongan dari sponsor. Total ada tujuh sponsor yang mendukung hingga idenya bisa terlaksana lancar.

Tak cuma riding dan menjelajah saja, lewat perjalanan ini dia juga mengumpulkan dana untuk bakti sosial. Di mana uang yang terkumpul bakal digunakan untuk membuka sekolah di Indonesia Timur.

"Touring ini ada charity, jalan sejauh ini untuk mengumpulkan dana lewat link yang kami tautkan di Instagram," kata Abi.

"Rencananya bangun sekolahan, tapi kalau tidak cukup kita bikin sistem beasiswa atau beaguru di wilayah Sumba atau Lombok, di Indonesia Timur tepatnya," ungkapnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com