Buat Pemula, Begini Cara Menyetir Mobil yang Benar di Jalan Tol

Kompas.com - 31/05/2022, 16:12 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Mengendarai mobil di jalan tol menjadi hal yang menantang bagi pengemudi pemula. Sebab, kecepatan kendaraan di kiri dan kanan lebih cepat dibandingkan jalan biasa.

Maka dari itu, pengemudi pemula wajib untuk menerapkan teknik yang tepat saat berkendara di jalan tol.

Pengemudi harus menjaga kecepatan agar tetap stabil, tetap awas dan selalu siap untuk mengurangi kecepatan jika ada kendaraan yang melambat di depannya.

Baca juga: [VIDEO] Keliling Tempat Belajar Kendaraan Elektrifikasi Milik Toyota

Training Director The Real Driving Center (RDC) Marcell Kurniawan membagikan beberapa tips berkendara di jalan tol bagi pengemudi pemula.

"Jangan over-thinking, namun selalu mencoba untuk meminimalisir risiko di jalan," kata Marcell pada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Pengemudi harus berkendara dalam keadaan mental yang positif atau baik serta emosi yang stabil. Meski menantang, namun tidak perlu cemas saat berkendara di jalan tol.

Kecemasan berlebih dapat memicu rasa panik yang menimbulkan bahaya. Mulai dari tindakan rem mendadak atau salah menginjak pedal. Tindakan tersebut akan menjadi sumber bahaya saat berkendara di jalan tol.

Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS)Hutama Karya Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS)

Marcell juga menyarankan agar pengemudi perlu mengetahui dan menaati setiap aturan yang ada di jalan tol. Pengemudi harus memperhatikan rambu-rambu yang ada, batasan kecepatan, dan juga lajur yang digunakan.

Baca juga: Kupas Interior Wuling New Cortez, Nyaman untuk Penumpang

Misalnya, bagian bahu jalan tidak boleh digunakan untuk mendahului. Salah satu kesalahan yang paling umum dilakukan pengemudi pemula adalah kurangnya pengetahuan akan rambu-rambu lalu lintas.

Terakhir, Marcell menghimbau agar pengemudi pemula untuk mengemudi di lajur tengah jalan tol. "Mengemudilah di lajur tengah, serta sesuaikan kecepatan dengan kendaraan lain dan pastikan selalu jaga jarak aman," kata Marcell.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.