Jangan Anggap Sepele Saat Indikator Aki pada Mobil Menyala

Kompas.com - 30/05/2022, 14:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagi pemilik mobil baru, biasanya masih kesulitan memahami arti dari ragam indikator yang ada meter cluster. Padahal fungsinya sebagai salah satu bentuk komunikasi kendaraan dengan penggunanya.

Bila ada masalah, indikator berbentuk lambang dari suatu komponen akan menyala. Hal ini kemudian menjadi sinyal bagi pengguna agar langsung memeriksanya.

Salah satu indikator yang sering terlihat pada meter cluster adalah gambar aki. Namun, tak sedikit yang mengetahui apa maksud atau arti saat lambang tersebut menyala, terutama bagi yang baru saja memiliki mobil.

Baca juga: Catatan Marc Marquez di Musim Ini, Balapan Terakhir Posisi 10

Nah, buat yang belum paham, Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor (TAM) menjelaskan, bila indikator bergambar aki menyala, besar kemungkinan memberikan informasi bila ada masalah yang terjadi pada komponen tersebut.

"Kemungkinan ada permasalahan pada pengisian arus, atau bisa juga aki tak mau mengisi," kata Didi kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Mobil-mobil baru sudah menggunakan sistem komputer via electronic control unit atau dikenal dengan ECU. Bila ada masalah pada suatu komponen, maka ECU juga akan memberikan informasi dengan memberikan sinyal melalui indikator yang ada.

Terkait indikator aki yang menyala, Didi menyarankan agar pemilik kendaraan melakukan pengecekan ke bengkel resmi guna memastikan masalah apa yang terjadi.

Karena ada beberapa kemungkinan lain yang biasanya membuat indikator aki menyala, seperti alternator atau dinamo ampere, akumulator yang tak lagi bagus atau soak sehingga membuat proses pengisian daya tak maksimal, atau bahkan karena soket alternator yang kendur.

"Jadi sebaiknya periksakan kendaraan ke bengkel jika indikator bergambar aki menyala," kata Didi.

Baca juga: Melihat Langsung Proses Pembuatan Aki Mobil

Cek kondisi aki mobilCakra Motor 11 Cek kondisi aki mobil

Bambang Supriyadi, Executive Coordinator Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), juga sempat mengatakan hal yang senada.

Menurut Bambang, bila indikator aki menyala, ada baiknya pemilik mobil jangan menyepelekan karena bisa memberikan dampak yang buruk. Apalagi berkaitan dengan sistem kelistrikan.

"Ada banyak sebab dan kemungkinan, tapi biar pasti langsung cek di bengkel. Dikhawatirkan memang aki yang sudah soak, sehingga bila dipaksa dipakai, nantinya akan membuat repot pemilik mobil ketika sedang dalam perjalanan," ujar Bambang.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.