Kompas.com - 28/05/2022, 15:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab truk tidak kuat menanjak. Banyak kecelakaan terjadi akibat truk menanjak; biasanya truk akan terguling akibat pengemudi kehilangan kendalinya.

Deputy GM Product Division PT Hino Motors Sales Indonesia Prasetyo Adi Yudho menjelaskan bahwaada beberapa penyebab kecelakaan yang disebabkan oleh truk gagal menaiki tanjakan.

"Pertama beban kendaraan. Jika overloading, membuat kapasitas rem tidak mampu menahan beban. Kedua, bisa dilihat apa mesin truk mati saat menanjak," ucap Prasetyo saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: Ingat Bahaya Menyalip Truk dengan Motor Tanpa Pertimbangan

Muatan yang terlalu banyak juga berpengaruh terhadap kinerja mesin. Jika beban melebihi kapasitasnya, maka kemampuan truk untuk menanjak juga akan berkurang.

Jika truk yang gagal menanjak tersebut menggunakan sistem rem air over hidraulic, maka truk tidak akan bisa mengerem saat mesin mati, karena tidak ada udara yang dihasilkan.

 

OtomotifKOMPAS.com Dibeberapa kesempatan, kerap sering kali kita menjumpai sebuah mobil Truk yang gagal menanjak terjadi di Indonesia.

 Baca juga: DAMRI Sediakan HiACe dari Malang ke Gunung Bromo, Tarifnya Rp 30.000

Kemudian, rem yang tidak berfungsi menjadi salah satu penyebab fatalnya kecelakaan jika truk gagal nanjak.

"Ketiga, yaitu bisa jadi karena minyak rem yang bocor, jadi tidak berfungsi. Keempat, rem parkir tidak berfungsi atau sopir tidak menarik rem parkir saat tidak sanggup menanjakm" ucap Prasetyo.

 

Truk terguling di ruas Jalan tol arah Tanjung Priok,.Jakarta Utara, Jumat (18/2/2022) sekitar pukul 13.00 WIB.Dokumentasi Ditlantas Polda Metro Jaya Truk terguling di ruas Jalan tol arah Tanjung Priok,.Jakarta Utara, Jumat (18/2/2022) sekitar pukul 13.00 WIB.

Baca juga: Honda Tapas 100, Sepupu Scoopy Harga Rp 18 Juta

Terakhir, posisi transmisi yang netral saat truk gagal nanjak. Ini juga membuat engine brake pada truk tidak aktif untuk membantu menahan laju truk; sehingga truk meluncur tidak terkendali.

Prasetyo menekankan, faktor-faktor yang dijabarkan tersebut hanyalah sebatas asumsi saja. Saat ada kejadian truk gagal menanjak, tetap perlu ada penyelidikan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab kecelakaan tersebut.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.