Kompas.com - 28/05/2022, 08:22 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar Indonesia untuk segmen skutik bergaya retro, Honda masih mengandalkan Scoopy. Tapi di negara lain, contohnya China, ada model lain yang mengisi segmen sama.

Belum lama ini Honda China meluncurkan Honda Tapas 100 model 2022. Sesuai tema, motor ini memiliki gaya retro modern yang cukup kental untuk komuter ringan.

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Italia, Asapi Ducati, Aleix Tercepat

Honda Tapas 100 model 2022Foto: Greatbiker Honda Tapas 100 model 2022

Mengutip Greatbiker, tampilan depannya cukup menarik seperti menggabungkan beberapa gaya. Batok setangnya ala Beat berdesain sporti tapi lampu depannya oval dan minimalis.

Dua paduan tersebut bersanding dengan bentuk tebeng depan ala retro klasik. Kemudian sepatbor depan kecil berdesain sedikit lancip meski masih bergaya retro.

Tapas 100 merpakan skutik kecil. Bobotnya saja hanya 95 kg. Kapasitas tangki bahan bakar 5,5 liter dengan kosumsi bahan bakar 2,3 liter dan mampu menempuh jarak hingga 100 km.

Baca juga: Polres Makassar Catat 3.863 Pelanggaran Lalu Lintas Sejak Januari

Honda Tapas 100 model 2022Foto: Greatbiker Honda Tapas 100 model 2022

Sistem penerangan sudah LED dan di bagian depan dilengkapi DRL untuk penerangan siang hari. Tersedia USB charging socket, bagasi di bawah jok cukup besar dan rem depan cakram.

Mesinnya 102cc, 1-silinder, berpendingin udara. Rasio kompresi 9,5:1, menghasilkan 7,1 tk pada 7.500 rpm dan torsi 7,4 Nm pada 6.000 rpm. Kecepatan tertingginya diklaim 80 km per jam.

Harga Honda Tapas 100 2022 di China adalah 8.280 yuan atau setara Rp 17 jutaan jika dikonversi. Ada empat warna yang bisa dipilih yaitu hitam, biru, merah, dan putih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.