Adu Konsumsi BBM All New Voxy vs Serena C27, Siapa Lebih Irit?

Kompas.com - 28/05/2022, 12:42 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Toyota All New Voxy yang meluncur awal tahun ini mendapat berbagai pembaruan, mulai dari eksterior, interior, fitur, hingga sektor mesinnya.

Multi purpose vehicle (MPV) ini sudah menggunakan mesin baru dengan kode M20A-FKS. Tenaganya mencapai 168 tk dan torsi 202 Nm.

Mesinnya memiliki peningkatan tenaga dibanding model sebelumnya. Tapi, sekarang dengan adanya teknologi Dynamic Force Engine, meski lebih bertenaga, tapi juga lebih irit bahan bakar.

Baca juga: DAMRI Sediakan HiACe dari Malang ke Gunung Bromo, Tarifnya Rp 30.000

Komparasi All New Voxy vs Serena C27KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Komparasi All New Voxy vs Serena C27

Berdasarkan pengujian Kompas.com, hasilnya konsumsi bahan bakar minyak (BBM) yang dihasilkan Voxy terbaru cukup menakjubkan.

Tercatat konsumsi BBM 17,4 Kilometer per liter, untuk penggunaan di jalan tol. Kondisi lalu lintas yang ada di jalan tol selama pengetesan terbilang lancar, hanya sedikit mengalami perlambatan.

Sementara teknik berkendara yang digunakan normal, layaknya berkendara harian, dan bukan dengan teknik eco driving.

Baca juga: All New Toyota Starlet Meluncur, Pakai Basis Suzuki Baleno

Adapun jika dibandingkan dengan kompetitor sekelas, yakni Nissan Serena dengan kode bodi C27, rupanya hasilnya cukup bersaing.

Seperti diketahui, Serena C27 mengusung mesin berkode MR20DD kapasitas 2.000 cc yang mampu hasilkan tenaga 150 tk dan torsi 200 Nm.

Berdasarkan pengetesan kami, pada rute jalan tol dengan kondisi lalu lintas ramai lancar, konsumsi BBM Serena C27 menghasilkan 16,1 km per liter.

Baca juga: Toyota Sebut Perlu Ada Pembatasan Usia Mobil di Indonesia

Komparasi All New Voxy vs Serena C27KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Komparasi All New Voxy vs Serena C27

Sebuah angka konsumsi bahan bakar yang terbgolong cukup irit untuk sebuah MPV 7 penumpang dengan mesin 2.000 cc.

Sebagai informasi, data pengetesan mobil-mobil ini diambil berdasarkan MID di layar instrumen dan mobil diisi dengan BBM RON 92.

Tapi, perlu diingat bahwa konsumsi BBM tiap mobil bisa saja berbeda. Sebab, banyak faktor yang menjadi penentunya, seperti gaya berkendara, kondisi lalu lintas, kondisi cuaca, beban di dalam kabin, tekanan udara pada ban, dan lainnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.