Kenapa Posisi Pintu Darurat Bus Ada di Sisi Kanan?

Kompas.com - 28/05/2022, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini kerap terjadi kecelakaan bus di beberapa daerah di Indonesia. Salah satu cara untuk keluar dari bus yang kecelakaan adalah melewati pintu darurat.

Biasanya, pintu untuk masuk dan keluar penumpang bus ada di sisi kiri, bagian depan dan belakang atau tengah. Namun berbeda untuk pintu darurat, posisinya terletak di sisi kanan dan biasanya di belakang saja.

Lalu kenapa posisi pintu darurat ini ditaruh di sisi kanan belakang?

Baca juga: Potensi Ekspor Bus ke Bangladesh Masih Besar

pintu darurat busbus pariwisata pintu darurat bus

Deddy Hermawan, Development Design Karoseri New Armada mengatakan, posisi pintu darurat di sisi kanan belakang karena area tersebut paling buntu terhadap akses keluar.

“Hadirnya pintu darurat di kanan belakang untuk menyingkat akses keluar penumpang, sehingga area tersebut tetap tersedia bukaan (pintu keluar). Jadi flow penumpang tetap bisa ke depan atau belakang,” ucap Deddy kepada Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: All New Toyota Starlet Meluncur, Pakai Basis Suzuki Baleno


Jadi dengan adanya tambahan pintu darurat, akses penumpang untuk keluar dari kabin ada tiga, dua di sisi kiri dan satu di kanan. Selain pintu darurat yang ada di samping, ada juga yang di bagian atap.

“Akses atas bisa digunakan jika bus posisi terguling, sehingga akses emergency di atap berada di sisi. Selain itu ada juga kaca yang bisa dipecahkan dan jadi akses pintu darurat,” kata Deddy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.