[POPULER OTOMOTIF] Daftar Gerbang Tol di Jakarta yang Berlakukan Ganjil-Genap | All New Toyota Starlet Meluncur, Pakai Basis Suzuki Baleno

Kompas.com - 28/05/2022, 06:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengatasi kemacetan, sistem ganjil genap juga berlaku di sejumlah gerbang tol di DKI Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Syafrin Liputo menjelaskan, kendaraan roda empat atau lebih yang hendak masuk atau keluar gerbang tol, tetapi melintasi ruas jalan ganjil genap tetap akan ditindak.

"Pelaksanaan di jalan koridor perluasan ganjil genap itu di dalam on-off ramp tol tidak lagi diberi pengecualian," ujar Syafrin seperti dikutip Kompas.com.

Baca juga: Menuju Era Kendaraan Listrik, Indonesia Harus Punya SDM yang Kompeten

Selain itu, generasi terbaru Toyota Starlet resmi diluncurkan di Afrika Selatan. Kehadiran mobil ini meneruskan kesuksesan pendahulunya, yakni Yaris.

Meski demikian, Starlet tidak menggunakan basis dari Yaris, melainkan Suzuki Baleno. Jika diperhatikan, desain depan dan belakang sengaja dibuat berbeda.

Dikutip dari Iol.co.za, Jumat (27/5/2022), penjualan Starlet bahkan bisa melampaui dari Baleno secara signifikan. Kompetitor sekelasnya di sana, seperti Volkswagen Polo Vivo juga kalah saing dengan Starlet.

Baca juga: Motor Sport Naked Yamaha FZ25 Meluncur, Dijual Mulai Rp 27 Jutaan

Selengkapnya berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Jumat, 27 Mei 2022.

1. Daftar Gerbang Tol di Jakarta yang Berlakukan Ganjil-Genap

Petugas berjaga saat penutupan Jalan Tol Dalam Kota yang mengarah ke Tol Cikampek di Jakarta, Jumat (6/5/2022). Polda Metro Jaya memberlakukan penutupan akses menuju Tol Jakarta-Cikampek dari arah Tol Dalam Kota dan Tol Priok guna mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas pada arus balik Lebaran 2022.ANTARA FOTO/AKBAR NUGROHO GUMAY Petugas berjaga saat penutupan Jalan Tol Dalam Kota yang mengarah ke Tol Cikampek di Jakarta, Jumat (6/5/2022). Polda Metro Jaya memberlakukan penutupan akses menuju Tol Jakarta-Cikampek dari arah Tol Dalam Kota dan Tol Priok guna mengantisipasi terjadinya kepadatan lalu lintas pada arus balik Lebaran 2022.

"Jadi, saat kendaraan bermotor dari luar area menuju pintu tol yang ada ganjil genap tetap dikenakan, begitu juga sebaliknya," kata Syafrin.

Pengguna kendaraan roda empat yang melanggar ketentuan akan ditilang. Hal itu diatur dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Jalan (UU LLAJ) Nomor 22 tahun 2009 pasal 287 ayat pertama.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.