Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[POPULER OTOMOTIF] Daftar Gerbang Tol di Jakarta yang Berlakukan Ganjil-Genap | All New Toyota Starlet Meluncur, Pakai Basis Suzuki Baleno

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mengatasi kemacetan, sistem ganjil genap juga berlaku di sejumlah gerbang tol di DKI Jakarta.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Syafrin Liputo menjelaskan, kendaraan roda empat atau lebih yang hendak masuk atau keluar gerbang tol, tetapi melintasi ruas jalan ganjil genap tetap akan ditindak.

"Pelaksanaan di jalan koridor perluasan ganjil genap itu di dalam on-off ramp tol tidak lagi diberi pengecualian," ujar Syafrin seperti dikutip Kompas.com.

Selain itu, generasi terbaru Toyota Starlet resmi diluncurkan di Afrika Selatan. Kehadiran mobil ini meneruskan kesuksesan pendahulunya, yakni Yaris.

Meski demikian, Starlet tidak menggunakan basis dari Yaris, melainkan Suzuki Baleno. Jika diperhatikan, desain depan dan belakang sengaja dibuat berbeda.

Dikutip dari Iol.co.za, Jumat (27/5/2022), penjualan Starlet bahkan bisa melampaui dari Baleno secara signifikan. Kompetitor sekelasnya di sana, seperti Volkswagen Polo Vivo juga kalah saing dengan Starlet.

Selengkapnya berikut ini 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Jumat, 27 Mei 2022.

1. Daftar Gerbang Tol di Jakarta yang Berlakukan Ganjil-Genap

"Jadi, saat kendaraan bermotor dari luar area menuju pintu tol yang ada ganjil genap tetap dikenakan, begitu juga sebaliknya," kata Syafrin.

Pengguna kendaraan roda empat yang melanggar ketentuan akan ditilang. Hal itu diatur dalam Undang-Undang Lalu Lintas dan Jalan (UU LLAJ) Nomor 22 tahun 2009 pasal 287 ayat pertama.

Pengemudi yang melanggar dan dinyatakan bersalah dapat dipidana dengan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

2. All New Toyota Starlet Meluncur, Pakai Basis Suzuki Baleno

Peluncuran secara resmi akan dilakukan pada awal Juni 2022, tapi Toyota Afrika Selatan sudah resmi memajangnya pada situr resminya, lengkap dengan spesifikasi dan harganya.

Untuk Indonesia, Starlet dipasarkan sejak era '70-an hingga '90-an. Ada empat generasi Starlet yang bertahan hingga akhirnya dihentikan produksinya pada 1999 dan digantikan oleh Yaris pada 2005.

Untuk generasi terbaru Starlet, hatchback ini dibekali dengan mesin 1.5 L dari Suzuki dengan kode K15B. Mesin tersebut mampu hasilkan tenaga hingga 103,2 tk dan torsi 138 Nm.

3. Berlaku 6 Juni, Ini 25 Ruas Jalan yang Kembali Terapkan Ganjil Genap

Meningkatnya volume lalu lintas membuat Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan memperluas ganjil genap. Dari saat ini 13 lokasi akan menjadi 25 ruas jalan.

Untuk penerapan perluasan ganjil genap di 25 rusa jalan yang ada di Jakarta, akan efektif berlaku bulan depan, tepatnya pada 6 Juni 2022.

"Untuk perluasan ganjil genap dari hasil tadi koordinasi akan kami mulai 6 Juni 2022," ucap Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo, saat dihubungi Kompas.com, Rabu (25/5/2022).

4. DAMRI Sediakan HiACe dari Malang ke Gunung Bromo, Tarifnya Rp 30.000

Perum DAMRI kali ini kembali menambah rute untuk mendukung program Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN), tepatnya di Gunung Bromo dengan keberangkatan dari Malang, Jawa Timur.

Siti Inda Suri, Plt. Corporate Secretary DAMRI mengatakan, rute menuju Gunung Bromo ini merupakan bagian dari layanan KSPN yang dihadirkan oleh DAMRI bersama Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

"Seperti diketahui, Gunung Bromo menjadi salah satu destinasi wisata yang masuk ke dalam KSPN Prioritas di Indonesia,” ujar Siti Inda Suri dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Kamis (26/5/2022).

5. Bikin Mobil Punya Spion Pintar Mirip XL7, Modal Rp 1,5 Juta

Tak sedikit pengemudi yang menambahkan dashcam pada mobil, agar saat berkendara jadi lebih aman dan nyaman.

Pasalnya, dashcam bisa menjadi alat pengawas yang merekam peristiwa atau kejadian saat di perjalanan. Selayaknya kamera CCTV, dashcam dapat menyimpan semua rekaman pada memori perangkat.

Salah satu jenis dashcam yang sedang tren dan banyak dicari oleh pemilik kendaraan adalah model spion pintar, seperti yang ada pada mobil Suzuki XL7 dan mobil premium lainya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/28/060200715/-populer-otomotif-daftar-gerbang-tol-di-jakarta-yang-berlakukan-ganjil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke