Kompas.com - 27/05/2022, 17:32 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyelenggara perhelatan Formula E Jakarta mengatakan bahwa biaya yang harus disiapkan untuk balapan ramah lingkungan bertaraf internasional tersebut mencapai Rp 130 miliar.

Dana ini terbagi atas beberapa pos persiapan, dimulai dari pengaspalan yang memakan sekitar Rp 60 miliar. Sehingga, prosesnya membutuhkan waktu yang cukup, belum lagi sertifikasi dan persetujuan dari FEO.

"Selebihnya pembangunan grandstand dan segala macamnya," kata Ketua Komite Penyelenggara Formula E Jakarta, Ahmad Sahroni di Jakarta International Velodrome, Jakarta Timur, Kamis (26/5/2022)., Kamis (27/5/2022).

Baca juga: Spesifikasi Mobil Balap yang Akan Adu Cepat di Formula E Jakarta

Chairman Organizing Committee (OC) Jakarta EPrix 2022, Ahmad Sahroni (kanan)  dan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto (kiri) berfoto di dekat mobil usail unboxing replika mobil Formula E  di Stadion Balap Sepeda Velodrome, Rawamangun, Jakarta , Kamis (26/5/2022). Panitia penyelenggara Formula E Jakarta, memperkenalkan replika Mobil Balap berteknologi ramah lingkungan yang akan dipamerkan pada laga Formula E 4 Juni 2022.ANTARA FOTO/RENO ESNIR Chairman Organizing Committee (OC) Jakarta EPrix 2022, Ahmad Sahroni (kanan) dan Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto (kiri) berfoto di dekat mobil usail unboxing replika mobil Formula E di Stadion Balap Sepeda Velodrome, Rawamangun, Jakarta , Kamis (26/5/2022). Panitia penyelenggara Formula E Jakarta, memperkenalkan replika Mobil Balap berteknologi ramah lingkungan yang akan dipamerkan pada laga Formula E 4 Juni 2022.

Di Indonesia sendiri, sirkuit Formula E dibangun di kawasan Ancol, Jakarta Utara sepanjang 2,4 kilometer dengan jasa kontraktor PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama.

Sirkuit jalanan ini, mempunyai 18 tikungan dengan bentuk menyerupai kuda lumping.

Panitia penyelenggara juga bukan hanya membangun sirkuit, tapi juga fasilitas penopang lainnya seperti panggung penonton, garasi pebalap (paddock), dan fasilitas lainnya.

Usai pengerjaan sirkuit selesai, panitia kemudian menjual 60.000 tiket untuk penonton, yang terdiri dari lima kategori kelas, yakni Festival Ancol, Festival Circuit, grandstand, VIP, dan VVIP.

Baca juga: Penyebab Batalnya Pawai Formula E

Harga tiket termurah untuk menyaksikan langsung Formula E Jakarta 2022 pada 4 Juni 2022 mendatang dimulai dari Rp 250.000 sampai Rp 10 juta untuk ketegori teratasnya.

"Saat ini, untuk yang di dalam sirkuit, kami sediakan 22.000 tiket dan yang tersisa tinggal tiket festival biasa (Ancol Festival). Tiket untuk kursi di dalam sirkuit semuanya sold out," ujar Sahroni.

Setelah digunakan untuk Formula E, pihak penyelenggara mengaku bila lintasan terkait bisa digunakan untuk agenda motorsport. Namun seluruh persetujuan diserahkan ke Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan Ancol.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.