Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Starlet dan Civic Estilo, Duo Hatchback Tua yang Semakin Digemari

Kompas.com - 06/03/2021, 09:42 WIB
Arif Nugrahadi,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Pandemi Covid–19 masih menjadi batasan untuk orang melakukan aktivitas di luar rumah. Untuk itu, berbagai macam kegiatan hobi mulai ramai dilakukan, salah satunya otomotif.

Salah satu kegiatan otomotif adalah restorasi mobil tua bangka alias motuba. Tren ini mulai menjamur karena lebih banyak orang menghabiskan waktu di rumah ketimbang ke luar. Selain itu, bagi sebagian orang, memiliki motuba dengan kondisi prima adalah kebanggaan tersendiri.

Baca juga: Tidak Semua PO Bus Pakai Bodi Buatan Adiputro

Bicara hobi otomotif, ada dua motuba di segmen hatchback yang sampai saat ini punya basis penggemar. Adalah Toyota Starlet dan Honda Civic Estilo yang dipasarkan pada era 1990-an di Indonesia.

Harga seken dua mobil ini di pasar terbilang gelap, pasalnya ada saja indikasi tertentu yang membuat harga mobil ini bisa berubah-ubah sesuai keinginan penjual dan pembeli.

Toyota ScarletGridOto Toyota Scarlet

Baca juga: GP Rooms, Kamar Hotel Pebalap MotoGP di Sirkuit

“Kalau Starlet dan Civic Estilo kan itu termasuk mobil hobi, untuk harga sendiri memang tidak ada patokan. Tergantung kondisinya masih bagus apa tidak, masih banyak komponen yang perlu diganti apa tidak, orisinalitas bagaimana? Itu memengaruhi harga,” ujar Joni Gunawan, pemilik Joni Lapak Mobil, kepada Kompas.com, Jumat (5/3/2021).

Meskipun gelap, Joni mengatakan, rentang harga Starlet dan Estilo yang dijual di pasar motuba tergolong sangat luas, mulai Rp 30 jutaan, Rp 80 jutaan, bahkan sampai ada yang tembus ratusan juta rupiah.

Baca juga: BI Resmi Keluarkan Aturan Pelonggaran Kredit Kendaraan Bermotor

Ilustrasi Toyota Starlet KapsulGoodrides Ilustrasi Toyota Starlet Kapsul
Dari penelusuran redaksi Kompas.com di pasar mobil bekas online, ada Toyota Starlet pada kisaran harga Rp 25 juta sampai Rp 52 juta untuk tahun produksi 1986-1990.

Sedangkan untuk tahun produksi 1990 ke atas berkisar harga Rp 40 juta sampai Rp 68 juta. Harga ini menempel pada Starlet standar yang diklaim belum mengalami ubahan, baik restorasi maupun modifikasi.

Sedangkan untuk Honda Civic Estilo memiliki harga jauh lebih tinggi, berkisar antara Rp 150 juta sampai Rp 350 juta. Harga ini ditawarkan dengan kondisi beragam, mulai low km, terawat, orisinalitas yang terjaga, sampai ada yang sudah konversi penuh ke model JDM alias Japan Domestic Market.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com