Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amankah Bila Mobil Listrik Melewati Banjir?

Kompas.com - 26/05/2022, 13:41 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Kenaikan permukaan air laut atau rob yang terjadi di Semarang, Jawa Tengah, Senin (23/5/2022) menimbulkan kecemasan tersendiri bagi pemilik mobil listrik.

Bagi pemilik mobil listrik, melintasi jalan yang digenangi air banjir menjadi tantangan tersendiri. Jika tidak hati-hati, pemilik mobil listrik harus mengeluarkan kocek tidak sedikit hingga untuk melakukan perbaikan.

Baca juga: Pengembangan E-TLE Perlu Diimbangi Kualitas SDM

“Banyak yang masih khawatir, itu hal yang wajar. Tapi perlu diketahui, baterai pada mobil listrik itu bersifat kering dan ada pelindungnya, tidak seperti pada ponsel,” kata Service Head Auto 2000 Jayakarta, Hendra Laksmono kepada Kompas.com.

Artinya, setiap mobil listrik sudah dirancang untuk memiliki kemampuan mampu menghadapi curah hujan yang cukup tinggi disertai genangan air.

Akan tetapi, pemilik kendaraan listrik sebaiknya tidak memaksakan untuk menerobos genangan air yang tinggi.

Ilustrasi mobil listrik Hondadok.Honda Ilustrasi mobil listrik Honda

“Paling tidak, jangan sampai setengah ban. Sebab, saat melintasi wilayah tersebut kemungkinan air memasuki bagian-bagian berbahaya di balik kap mesin terbuka lebar. Pada akhirnya, kendaraan bisa mengalami mogok,” kata Hendra.

Hendra juga mengatakan, jika mobil mati, aliran listrik akan tetap hidup untuk mengaktifkan alarm, anti thief dan lain sebagainya.

Baca juga: PO Juragan 99 Tambah Lagi Dua Bus Baru dengan Balutan Bodi Klasik

Jika memaksakan mobil listrik melintasi banjir akan merusak sistem lain. Khusus untuk mobil listrik, biaya penggantian jika mobil terendam banjir bisa mencapai Rp 50 jutaan.

Namun sejatinya kewaspadaan saat melintasi banjir tidak hanya untuk mobil listrik saja, tetapi juga untuk kendaraan dengan mesin konvensional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com