Motor Terendam Banjir Rob, Jangan Malas Servis Bisa Rugi Jutaan Rupiah

Kompas.com - 25/05/2022, 17:51 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir merupakan momok bagi pemilik kendaraan termasuk sepeda motor. Air yang masuk ke sela-sela mesin dapat membuat komponen jadi rusak.

Seperti diketahui, belum lama ini terjadi banjir akibat kenaikan muka air laut atau rob di wilayah Tanjung Emas, Semarang, Jawa Tengah, menyebabkan banyak motor terendam air.

Baca juga: Honda Pamer Teaser Generasi Terbaru CR-V

Berbeda dengan air tawar, air laut atau air asin lebih korosif. Karena itu Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere Ribut Wahyudi, mengatakan, usai banjir baiknya langssung diservis dan dibersihkan.

Tangki motor berkaratFoto: Otomania.gridoto.com Tangki motor berkarat

Jika motor tidak langsung dibersihkan maka akan menimbulkan karat. Bukan cuma pada mesin tapi juga di sela-sela sasis. Akibatnya jika sudah ada karat dapat membuat rangka keropos.

"Yang terjadi jika motor terendam banjir dan tidak segera diservis yaitu akan terjadi water hammer dan berakibat fatal ke mesin. Serta pada sasis akan berkarat dan keropos," kata Ribut kepada Kompas.com, Selasa (24/5/2022).

Asep Suherman, Kepala Bengkel Honda, AHASS Daya Motor Cibinong dan Megamendung, mengatakan, motor yang terendam banjir mesti diketahui seberapa parah.

Baca juga: Jokowi Minta Tambah 10 Rest Area di Jalan Tol Jakarta-Semarang

Rantai motor berkaratrpmsuper.com Rantai motor berkarat

"Pasti kita harus cek kondisi oli mesin dulu. Biasanya motor terendam setengah saja kita langsung cek oli mesin. Jika oli mesin bercampur dengan air sudah dipastikan motor harus lakukan servis besar," katanya.

Usai cek mesin, maka cek kondisi tangki bahan bakar. Hal ini wajib buat motor yang terendam banjir melebihi tinggi tangki bensin.

"Selanjutnya tangki bahan bakar, kita harus cek apakah ada air yang masuk. Jika sudah kemasukan air biasanya mekanik bisa ambil tindakan yaitu menguras," katanya kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Pastikan motor tidak dihidupkan mesinnya, untuk mencegah air masuk ke dalam mesin atau ruang bakar. Bila dipaksakan, maka kerusakan akan bertambah parah dan biaya servisnya bisa menjadi lebih banyak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.