Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Strategi Toyota Indonesia Capai Target Bebas Emisi

Kompas.com - 25/05/2022, 15:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Indonesia menjalin kerja sama dengan Pemerintah serta civitas akademia sebagai bagian strategi 'Triple Helix' untuk mencapai target Indonesia bebas emisi alias Net-Zero Emission pada 2060 mendatang.

Kolaborasi dimaksud, dilakukan dalam berbagai bentuk. Saat ini, melalui seminar nasional bersama Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, bertema "100 year of Indonesia Automotive Industry, Realizing Indonesia Net-Zero Emission".

"Netralitas karbon, akan menjadi penggerak utama perubahan di masa depan untuk segala sektor kehidupan, dan generasi muda nantinya akan memimpin Indonesia menjadi pemain global," kata Warih Andang Tjahjono Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Rabu (25/5/2022).

Baca juga: Jokowi Minta Tambah 10 Rest Area di Jalan Tol Jakarta-Semarang 

Seminar Nasional Elektrifikasi ---Presiden Direktur PT Toyota-Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih A. Tjahjono (kedua kanan) didampingi Direktur TMMIN Bob Azam (kedua kiri) bersama Wakil Rektor IV Universitas Diponegoro (Undip) Ambariyanto (ketiga kanan) beserta para dekan Undip berfoto di depan Kijang Innova EV Study, di sela penyelenggaraan seminar nasional bertajuk ?100 Years of Indonesia Automotive Industry, Realizing Indonesia Net-Zero Emission? di Fakultas Teknik Undip Semarang, Rabu(25/5). Toyota berkolaborasi bersama civitas akademia Undip  Semarang mengadakan seminar nasional ini dalam rangka upaya mendukung dan mewujudkan cita-cita pemerintah mencapai target masa depan Indonesia ?Bebas Emisi?.dok.TMMIN Seminar Nasional Elektrifikasi ---Presiden Direktur PT Toyota-Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih A. Tjahjono (kedua kanan) didampingi Direktur TMMIN Bob Azam (kedua kiri) bersama Wakil Rektor IV Universitas Diponegoro (Undip) Ambariyanto (ketiga kanan) beserta para dekan Undip berfoto di depan Kijang Innova EV Study, di sela penyelenggaraan seminar nasional bertajuk ?100 Years of Indonesia Automotive Industry, Realizing Indonesia Net-Zero Emission? di Fakultas Teknik Undip Semarang, Rabu(25/5). Toyota berkolaborasi bersama civitas akademia Undip Semarang mengadakan seminar nasional ini dalam rangka upaya mendukung dan mewujudkan cita-cita pemerintah mencapai target masa depan Indonesia ?Bebas Emisi?.

"Toyota meyakini bahwa mahasiswa sebagai generasi muda dapat disiapkan lebih awal dalam mengambil inisiasi gerakan hijau, demi menghadapi tantangan di masa yang akan datang," lanjut dia.

Adapun pentingnya keterlibatan berbagai sektor dalam kolaborasi 'Triple Helix' antara pemerintah, akademisi, dan industri otomotif, menjadi penting untuk mendukung target Net-Zero Emission lewat aktivitas kehidupan lebih hijau dan pembangunan ekonomi nasional yang merata.

Tidak sampai di sana, perseroan juga memastikan akan menghadirkan ragam pilihan teknologi elektrifikasi dengan pendekatan multi-pathway agar semua pihak dapat berkontribusi dalam memerangi emisi karbon.

Ini juga disebut nantinya dapat mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi dari hulu sampai hilir.

Tentu, salah satu tujuan akhirnya, supaya Indonesia menjadi pemain global produsen kendaraan listrik dn bisa berperan penting dalam supply chain pasar internasional.

Baca juga: Menperin Bujuk Investasi Mobil Listrik dan Cip di Ajang WEF

Adapun seminar nasional ini juga merupakan rangkaian series peluncuran xEV Center yang telah dilaksanakan pekan lalu, serta dalam rangka memperingati 50 tahun keberadaan Toyota Indonesia sampai menuju 50 tahun mendatang.

"Kami ingin terus berkontribusi bagi masa depan netralitas karbon Indonesia melalui peningkatan kapabilitas SDM nasional yang sejalan dengan filosofi kami 'Make People Before Make Product'," kata Bob Azam Corporate Affairs External Director PT TMMIN.

"Pengembangan generasi muda saat mengenyam pendidikan tinggi menjadi momen penting bagi universitas di Indonesia agar dapat berperan aktif dalam mempersiapkan serta mengembangkan kemampuan maupun pengetahuan mahasiswa dalam teknologi hijau sehingga siap berkontribusi di industri era elektrifikasi,” lanjutnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com