Wawancara Eksklusif Kompas.com

Rahasia Ducati Jadi Kencang di MotoGP, Pakai Teknologi Lenovo

Kompas.com - 23/05/2022, 13:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak musim 2018, Ducati berkolaborasi dengan Lenovo untuk kemajuan tim balapnya di MotoGP. Kolaborasi antara keduanya juga meliputi dari segi teknis.

Ducati dan Lenovo sudah sukses menerapkan proyek Remote Garage. Timnya yang ada di pabrik tetap bisa bekerja dengan baik, meskipun sempat dilakukan pembatasan di sirkuit karena pandemi.

Remote Garage sendiri merupakan proyek yang memperkenankan para teknisi untuk menerima data secara real time meskipun sedang bekerja secara remote atau berpindah-pindah.

Baca juga: Ducati Yakin Pebalap Berpikir Dua Kali Sebelum Pindah ke Tim Lain

Ducati dan Lenovo juga terus mengembangkan teknologi untuk diterapkan di tim balapnya, baik menggunakan laptop yang memadai hingga kemungkinan untuk memasuki dunia metaverse.

Tim Ducati di MotoGP andalkan Lenovo sebagai partner di bidang teknologiTino_Martino Tim Ducati di MotoGP andalkan Lenovo sebagai partner di bidang teknologi

Berikut ini wawancara Kompas.com dengan Ducati yang diwakili oleh Gabriele Conti, Electronic Systems Director Ducati Corse, dan Lara Rodini, Global Sponsorships & Activation Director, Lenovo:

Akankah Remote Garage hadir dalam bentuk Metaverse?

Rodini: Proyek Remote Garage, yang dimulai pada tahun 2020 untuk membantu Ducati menghadapi tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi, terus berkembang selama bertahun-tahun, memungkinkan cara baru bagi para teknisi untuk terhubung dengan garage dan bekerja sama bahkan dari jarak jauh, memenuhi kebutuhan lingkungan kerja hybrid baru.

Dengan tujuan untuk meningkatkan operasi dan mendorong tingkat inovasi yang lebih besar di MotoGP, Ducati dan Lenovo telah bekerja sama untuk menganalisis peluang yang ditawarkan oleh teknologi generasi berikutnya seperti augmented reality.

Metaverse adalah area menarik yang mengubah cara kita berinteraksi dengan teknologi. Hal itu tentu saja adalah sesuatu yang terus kami cari bersama dengan mitra kerja kami ketika saatnya tiba.

Apakah ada kemungkinan Lenovo akan menerapkan teknologi tersebut pada olahraga balap lain seperti F1?

Halaman:
Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.