Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Terhindar Calo Bus AKAP, Pesan Tiket via Online

Kompas.com - 21/05/2022, 15:22 WIB
Zulfana Khoirur Rijal,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan moda transportasi bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) sudah lama jadi alternatif pilihan masyarakat. 

Namun saat ini banyak aksi yang menggangu kenyamanan, contoh seperti oknum calo yang berpotensi mencoreng citra baik dari moda transportasi yang satu ini.

Dikutip Kompas.com, seorang membagikan pengalaman tidak mengenakannya di terminal karena ulah oknum calo. Calon dimintai uang pembatalan pada tiket yang bahkan belum dipesan.

Baca juga: Video Penumpang Bus Diancam Calo Tiket di Terminal

Lalu bagaimana sebenarnya cara menghindari ulah nakal calo?

Bus AKAP PO BorlindoGerry Adrian/New Armada Jatibaru Bus AKAP PO Borlindo

Eka Putra Prasetya, Ketua komunitas bus Rosalia Indah Mania Korwil Jakarta, menyampaikan ada bebeapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari calo. Namun, memberli tiket jauh-jauh hari menjadi yang paling efektif.

"Pesan tiket terlebih dahulu, jadi sampai terminal atau pul bus hanya tinggal naik," kata Eka, kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain itu, Eka menyarakan penumpang  untuk membeli tiket dengan cara online. Karena akan memotong alur pemesanan konvensional yang biasanya dimanfaatkan para calo.

"Dengan bantuan teknologi jadi lebih mudah ya, jadi pesan online saja jauh lebih aman. Karena hampir semua PO bus sekarang sudah bekerja sama dengan platform penyedia tiket online. Jadi sampai terminal pun tidak perlu repot mencari agen tiket bus," tambahnya.

Baca juga: Tips Aman Terhindar dari Calo Saat Naik Bus AKAP di Terminal

Bus antarkota antarprovinsi (AKAP) bersiap mengangkut penumpang keberangkatan dari Terminal Kalideres, Jakarta BaratKompas.com/MITA AMALIA HAPSARI Bus antarkota antarprovinsi (AKAP) bersiap mengangkut penumpang keberangkatan dari Terminal Kalideres, Jakarta Barat

Mungkin bagi sebagaian kalangan memesan tiket secara daringe masih membingungkan, Eka menyarankan agar membeli ke agen resmi. Bisa dengan menghubungi call center atau datang ke pul.

"Pastikan pesan ke agen resmi ya, biasanya setiap PO punya agen resminya masing-masing," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com