Salin Artikel

Tips Terhindar Calo Bus AKAP, Pesan Tiket via Online

JAKARTA, KOMPAS.com - Menggunakan moda transportasi bus Antarkota Antarprovinsi (AKAP) sudah lama jadi alternatif pilihan masyarakat. 

Namun saat ini banyak aksi yang menggangu kenyamanan, contoh seperti oknum calo yang berpotensi mencoreng citra baik dari moda transportasi yang satu ini.

Dikutip Kompas.com, seorang membagikan pengalaman tidak mengenakannya di terminal karena ulah oknum calo. Calon dimintai uang pembatalan pada tiket yang bahkan belum dipesan.

Lalu bagaimana sebenarnya cara menghindari ulah nakal calo?

Eka Putra Prasetya, Ketua komunitas bus Rosalia Indah Mania Korwil Jakarta, menyampaikan ada bebeapa hal yang bisa dilakukan untuk menghindari calo. Namun, memberli tiket jauh-jauh hari menjadi yang paling efektif.

"Pesan tiket terlebih dahulu, jadi sampai terminal atau pul bus hanya tinggal naik," kata Eka, kepada Kompas.com belum lama ini.

Selain itu, Eka menyarakan penumpang  untuk membeli tiket dengan cara online. Karena akan memotong alur pemesanan konvensional yang biasanya dimanfaatkan para calo.

"Dengan bantuan teknologi jadi lebih mudah ya, jadi pesan online saja jauh lebih aman. Karena hampir semua PO bus sekarang sudah bekerja sama dengan platform penyedia tiket online. Jadi sampai terminal pun tidak perlu repot mencari agen tiket bus," tambahnya.

Mungkin bagi sebagaian kalangan memesan tiket secara daringe masih membingungkan, Eka menyarankan agar membeli ke agen resmi. Bisa dengan menghubungi call center atau datang ke pul.

"Pastikan pesan ke agen resmi ya, biasanya setiap PO punya agen resminya masing-masing," ucapnya.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/21/152200215/tips-terhindar-calo-bus-akap-pesan-tiket-via-online

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.