Kompas.com - 20/05/2022, 17:31 WIB

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Tak hanya rantai penggerak roda, pada sepeda motor juga terdapat rantai keteng yang tidak kalah penting keberadaanya.

Fungsi dari keteng berperan untuk menyalurkan tenaga dari crankshaft atau poros engkol ke nokes as di dalam mesin.

Sama halnya dengan rantai gir, keteng juga memerlukan perawatan yang rutin. Karena bila aus maka tenaga dari mesin tidak bisa disalurkan dengan sempurna.

Baca juga: Mau Awet, Jangan Lumasi Rantai Motor dengan Oli Bekas

Rendra Kusumah, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta menjelaskan, sebagian kasus rantai keteng aus lebih cepat disebabkan oleh sikap pemilik motor yang salah dalam berkendara.

"Rantai keteng bisa aus karena gesekan. Jika pengendara motor sering main RPM tinggi, maka akan lebih cepat juga aus-nya karena gesekan makin tinggi," ujar Rendra kepada Kompas.com belum lama ini.

Contoh rantai keteng- Contoh rantai keteng

Meski demikian, Rendra mengatakan tak banyak ditemukan pengendara yang memacu motornya dengan memainkan RPM tinggi terus-menerus. Menurutnya, penyebab utama rantai keteng aus lebih cepat karena pemilik motor tidak rutin mengganti oli mesin.

Baca juga: Buat Pengendara Motor, Ini Akibat Bonceng Tiga dan Ugal-ugalan

"Bisa dari telat ganti oli, sehingga kualitas pelumasnya menurun dan menyebabkan gesekan terjadi lebih berat,"ujap Rendra lebih lanjut.

Jika rantai keteng aus, tentu penggantian harus segera dilakukan. Rendra menyarankan untuk melakukan penggantian rantai keteng sepaket dengan tensioner.

Penggantian sepaket disarankan agar kerja mesin lebih optimal, dan rantai keteng yang baru tidak mudah aus kembali. Sebab ada beberapa contoh kasus rantai keteng lebih cepat aus karena tensioner sudah rusak.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.