Kompas.com - 20/05/2022, 13:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Rantai menjadi komponen penting pada sepeda motor yang berguna menyalurkan tenaga dari mesin ke roda.

Meski mesin dalam kondisi yang prima, akan sia-sia bila rantai yang digunakan sudah aus atau bermasalah.

Karena itu, melumasi rantai sudah menjadi kegiatan yang wajib dilakukan, agar kondisinya tetap baik ketika digunakan.

Baca juga: Bedakan Pemakaian Oli Motor Matik dan Oli Motor Manual

Sayangnya, tak sedikit pemilik motor yang kurang memperhatikan rantai, bahkan asal dalam melakukan perawatan. Contoh melumasi dengan menggunakan oli bekas.

Rantai Motor DID X VR46 Signature EditionKOMPAS.com/STANLY RAVEL Rantai Motor DID X VR46 Signature Edition

Kepala Bengkel Honda AHASS Daya Motor Cibinong, Asep Suherman mengatakan, untuk melumasi rantai yang terbaik menggunakan cairan khusus.

“Lebih baik gunakan cairan khusus yang memang peruntukannya untuk melumasi rantai," ucap Herman kepada Kompas.com  belum lama ini.

Baca juga: Jangan Dipaksa Pakai Bila Ban Motor Sudah Benjol

Heman menambahkan pelumas khusus sudah diformulasikan sedemikian rupa sehingga bisa merawat rantai lebih lama, dan bisa menunjang tenaga mesin dengan lebih optimal.

Penggunaan oli bekas untuk rantai hanya apabila darurat- Penggunaan oli bekas untuk rantai hanya apabila darurat

"Karena di dalamnya terdapat zat kimia yang bukan hanya melumasi tetapi juga untuk menahan gesekan agar tidak cepat aus dan tidak mengakibatkan debu serta kotoran menempel secara berlebihan,” ujarnya.

Walau begitu, Herman tidak melarang penggunaan oli bekas pada rantai, dengan syarat hanya digunakan pada keadaan darurat saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.