Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisakah Bersihkan Kaca Mobil Pakai Kertas Koran?

Kompas.com - 18/05/2022, 18:01 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com— Kertas koran kerap kali digunakan untuk membersihkan kaca rumah oleh beberapa orang. Bahkan cara alternatif ini telah dilakukan sejak tempo dulu karena serat koran dianggap ampuh mengangkat debu pada kaca jendela rumah.

Sebagai kendaraan yang memiliki komponen kaca, kaca mobil juga perlu dibersihkan untuk menunjang visibilitas pengendara.

Apabila kaca mobil kotor, penglihatan pengendara akan terganggu. Lalu apakah cara membersihkan kaca mobil menggunakan kertas koran efektif?

Baca juga: Segini Biaya Bikin Satu Bus Besar di Indonesia

Technical Support Dept Head PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan jika cara tersebut kurang efektif untuk membersihkan kaca mobil.

“Tidak masalah menggunakan koran jika tujuannya untuk kebersihan kaca mobil. Namun akan lebih efektif cara ini untuk membersihkan kaca jendela rumah,” kata Didi saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Ilustrasi koran bekas. PIXABAY/PEXELS Ilustrasi koran bekas.

Biasanya, koran akan sedikit dibasahi menggunakan air. Kemudian, koran tersebut digosokkan pada bagian kaca yang kotor. Meski cara ini lebih sederhana dan hemat budget, namun koran tidaklah ampuh untuk membersihkan kaca mobil.

Baca juga: 2,15 Juta Kendaraan Mudik Keluar Jabodetabek, Lonjakan ke Arah Merak

Kaca mobil yang kotor tidak hanya dari debu, lumpur atau partikel lainnya, jamur juga bisa mengganggu kebersihan kaca mobil. Menurut Didi, membersihkan kaca mobil dengan koran tidak bisa menghilangkan jamur yang menempel.

Maka dari itu, serat pada koran tidak akan mampu membersihkan partikel yang mengganggu di kaca mobil. Cara yang paling tepat ialah menggunakan kain berbahan microfiber.

“Membersihkan kaca mobil sebenarnya dengan lap juga bisa dan sudah cukup,” kata Didi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com