Jalan Baru Tol Serang-Panimbang Ditargetkan Selesai 2024

Kompas.com - 18/05/2022, 09:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal Bina Marga tengah menyelesaikan pembangunan infrastruktur jalan tol Serang – Panimbang sepanjang 83,67 km.

Seperti diketahui, setelah Seksi 1 sepanjang 26,5 km yang menghubungkan Serang-Rangkasbitung telah beroperasi sejak 2021 lalu.

Kini proses pembangunan dilanjutkan pada Seksi 2 sepanjang 24,17 km, yang menghubungkan Rangkasbitung-Cileles.

Baca juga: Toyota Innova Hybrid Dikabarkan Siap Meluncur

Jalan Tol Serang-PanimbangKementerian PUPR Jalan Tol Serang-Panimbang

Serta pada Seksi 3 sepanjang 33 km yang menghubungkan Cileles-Panimbang. Hingga saat ini, progress fisik pembangunan Seksi 2 sendiri telah mencapai 23,31 persen.

“Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan sekitar,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dalam keterangan tertulis (17/5/2022).

Sementara itu, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol Direktorat Jenderal Bina Marga Danang Parikesit mengatakan, bahwa penyelesaian pembangunan infrastruktur jalan tol Serang-Panimbang Seksi 2 dan 3 ditargetkan dapat beroperasi pada semester 1 dan 2 tahun 2024.

Baca juga: Daftar Gerbang Tol yang Kena Ganjil Genap Jakarta

Setelah rampung, jalan tol Serang-Panimbang diklaim akan memberikan kemudahan dan efisiensi waktu perjalanan menuju obyek wisata Tanjung Lesung, yang merupakan salah satu Destinasi Pariwisata Prioritas (DPP).

Jika sebelumnya, dari Jakarta ke Tanjung Lesung membutuhkan waktu tempuh selama 5 jam, dengan adanya jalan tol Serang-Panimbang ini kabarnya waktu tempuh dapat dipangkas menjadi 2-3 jam dengan kecepatan rata-rata 100 kpj.

“Kehadiran jalan tol Serang-Panimbang diharapkan akan mendukung pengembangan ekonomi di kawasan wisata Tanjung Lesung serta Wilayah Banten Tengah dan Banten Selatan yang secara geografis berdekatan dengan DKI Jakarta,” ujar Danang, pada kesempatan yang sama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.