Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Suzuki Ertiga Hybrid Siap Meluncur, Intip Bocoran Ubahannya

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) belum lama ini merilis teaser produk baru pada media sosialnya. Teaser berupa gambar siluet mobil tersebut diyakini adalah Ertiga Hybrid.

Ertiga Hybrid sendiri sebelumnya sudah meluncur duluan di India. Mobil ini memang memiliki dua basis produksi di dunia, yakni India dan Indonesia.

Terdapat beberapa ubahan minor yang dilakukan Suzuki pada Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) tersebut. Ubahannya ada pada eksterior, interior, maupun sektor mesinnya.

Bagian eksterior berubah sedikit pada desain grille. Desain pelek yang digunakan Ertiga Hybrid di India juga berbeda dengan Ertiga yang saat ini dipasarkan di Indonesia.

Untuk interior, terlihat joknya dilapisi dengan material fabric dengan model dual tone. Sementara pada dasbor dan door trim, terdapat ornamen kayu yang membuatnya tampil elegan.

Sementara untuk fiturnya, sudah disematkan sistem infotainment SmartPlay Pro dengan layar sentuh berukuran tujuh inci.

Lalu, terdapat pula automatic climate control, paddle shift, cruise control, engine start-stop button with smart key, height-adjustable driver seat, dan Suzuki Connect.

Pada tipe tertinggi, Ertiga Hybrid dilengkapi dengan empat airbag, dua di dasbor dan setir, serta dua lainnya di jok depan.

Untuk sektor mesin, Ertiga terbaru dibekali dengan mesin bensin 1.5 L DualJet, Dual VVT. Mesin tersebut dipadukan dengan dua opsi sistem transmisi, yakni manual 5-percepatan dan torque converter automatic 6-percepatan.

Untuk India, Suzuk Ertiga menggunakan mesin berkode K15C dengan teknologi Smart Hybrid. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 101,6 Tk pada 6.000 rpm dan torsinya mencapai 136,8 Nm pada 4.400 rpm.

Harold Donnel, Head of 4W Brand Development & Marketing Research PT SIS, mengatakan, pihaknya juga sudah berencana untuk meluncurkan produk elektrifikasi di Indonesia.

Teknologi Smart Hybrid tersebut juga sudah dipamerkan pada ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, beberapa waktu lalu.

"IIMS sebagai ajang kita untuk sosialisasi bahwa kita punya teknologi baru. Selain itu, baik itu dari pemerintahan atau komentar orang-orang Suzuki di IIMS, memang kita berkomitmen tahun ini pasti akan meluncurkan produk elektrifikasi kita," ujar Harold, saat dihubungi Kompas.com, beberapa waktu lalu.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/17/152100315/suzuki-ertiga-hybrid-siap-meluncur-intip-bocoran-ubahannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke