Kompas.com - 17/05/2022, 09:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi cuaca di Indonesia saat ini kerap terjadi panas terik. Bahkan bisa membuat orang malas keluar rumah karena terlalu panas.

Bagi pengguna kendaraan roda empat atau mobil, jangan khawatir, karena tetap bisa adem saat berada di kabinnya. Namun harus diperhatikan beberapa hal jika mau menjaga suhu di kabin mobil tetap adem.

Didi Ahadi, Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor mengatakan, selama fitur pendingin kabin atau AC bekerja dengan normal, maka mudah untuk membuat kabin tetap adem.

Baca juga: Mitos Atau Fakta, Asap Rokok Bikin AC Mobil Rusak?

Ilustrasi AC mobilKompas.com/Fathan Radityasani Ilustrasi AC mobil

Kemudian jika mobil sudah dilengkapi dengan fitur auto AC, maka akan lebih mudah lagi mengatur suhu di kabin agar tetap dingin. Tinggal tentukan saja berapa suhu yang dikehendaki.

"Mobil yang dilengkapi dengan auto AC, maka blower itu akan naik atau turun kecepatannya tergantung dari suhu AC yg di set," ucapnya kepada Kompas.com, Senin (16/5/2022).

Jadi jika ingin menyetel suhu kabin di 18 derajat, maka kecepatan blower bisa ditingkatkan. Kemudian jika suhu di kabinnya sudah sesuai, maka kecepatan blower-nya juga akan menyesuaikan.

Baca juga: Begini Tampilan Honda CR-V Generasi Terbaru

 

"Apabila tidak dilengkapi auto AC, bisa mengatur suhu dan blower AC sesuai dengan kenyaman pengemudi dan atau penumpang," kata Didi.

Ketika sudah merasa terlalu dingin, maka kecepatan blower bisa dikurangi. Begitu juga dengan suhunya, bisa disesuaikan dengan yang dikehendaki si pengemudi maupun penumpang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.