Suzuki Pernah Coba Gaet Rossi Setelah Gagal di Ducati

Kompas.com - 15/05/2022, 14:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Suzuki menyatakan ingin keluar dari balap motor dunia MotoGP usai 2022. Ini bukan kali pertama pabrikan Hamamatsu itu absen dari MotoGP.

Sebelumnya Suzuki juga pernah pamit dari MotoGP pada akhir musim 2011, dengan alasan yang sama yakni finansial. Kala itu memang sedang terjadi krisis global.

Baca juga: Kasus Bus ALS Terbakar, Uji KIR Kendaraan Harus Diperketat

Spesifikasi Suzuki GSX-RRDok. Suzuki Spesifikasi Suzuki GSX-RR

Pada 2014, Suzuki sempat turun sebagai wild card dengan Randy de Puniet. Lalu pada 2015, Suzuki kembali ke MotoGP menggandeng Aleix Espargaro dan Maverick Vinales yang berstatus rookie.

Rupanya sebelum kembali ke MotoGP pada 2015, Suzuki sempat mengincar Valentino Rossi. Hal itu disebutkan oleh Davide Brivio, mantan manager Suzuki Ecstar yang pindah ke F1 pada 2021.

"Pada 2012 mereka menghubungi saya untuk menanyakan apakah Valentino tertarik membalap untuk Suzuki pada 2014. Tapi Rossi tidak tertarik, dia sedang berpikir untuk kembali ke Yamaha," katanya mengutip Tuttomotoriweb.it, Minggu (15/5/2022).

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Perancis, Bagnaia Start Pertama

Pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir berbicara dalam sesi temu media seusia latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Mandalika di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada Jumat (18/3/2022).KOMPAS.com/BENEDIKTUS AGYA PRADIPTA Pebalap Suzuki Ecstar Joan Mir berbicara dalam sesi temu media seusia latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Mandalika di Pertamina Mandalika International Street Circuit pada Jumat (18/3/2022).

Saat itu Rossi sedang kecewa di Ducati. Legenda MotoGP itu menjalani dua musim yang berat, dan seperti diketahui akhirnya Rossi kembali ke Yamaha sampai pensiun akhir 2021.

Di sisi lain, Brivio akhirnya mempersembahkan gelar kepada Suzuki pada 2020. Lewat Joan Mir, gelar juara dunia pebalap MotoGP kembali dirasakan Suzuki setelah 20 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.