Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Pasta Gigi dan Air Soda untuk Kaca Mobil

Kompas.com - 13/05/2022, 17:41 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaca mobil yang terkena hujan, lalu mengering sendiri, seiring waktu akan meninggalkan bekas air atau bercak. Terkadang, sulit untuk menghilangkannya meski sudah dicuci.

Bekas air pada kaca mobil adalah tanda bahwa timbulnya jamur pada permukaan tersebut. Untuk itu, harus menggunakan pembersih khusus agar jamur tersebut bisa hilang.

Baca juga: Waspada Modus Pecah Kaca Mobil, Pelaku Beraksi secara Berkelompok

Namun, tidak perlu membeli cairan khusus, karena di rumah terdapat benda yang bisa dimanfaatkan. Pemilik mobil bisa menggunakan pasta gigi untuk membersihkannya.

Jamur kaca mobilFoto: Peugeot Jamur kaca mobil

CEO Makko Group Christopher Sebastian, mengatakan, pasta gigi memang dinilai ampuh jamur yang ada pada kaca mobil. Sebab, pasta gigi memiliki kandungan pemutih hidrogen peroksida, yang memiliki sifat oksidator yang tinggi.

“Caranya cukup oleskan pasta gigi pada bagian kaca yang berjamur lalu biarkan mengering, bilas dengan air kemudian lap dengan kain microfiber,” ucap Christopher kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Parkir di Luar Saat Hujan, Jadi Penyebab Kaca Mobil Berjamur

Selain pasta gigi, bisa juga memanfaatkan air soda. Sebab, soda memiliki unsur kimia yang dinilai mampu menghilangkan jamur pada kaca mobil.

Jamur kaca mobilFoto: Peugeot Jamur kaca mobil

Caranya, basahi kain microfiber dengan air soda dan gosokkan pada kaca mobil yang berjamur. Gunakan hanya air soda saja dan jangan mencampurnya dengan air. Sebab, bisa membuat unsur kimia dalam soda tidak bersenyawa dan mengurangi khasiatnya.

“Selain itu, pilihlah minuman soda yang tidak berwarna dan mengandung gula agar tidak mendatangkan semut,” kata Christopher.

ilustrasi air sodashutterstock ilustrasi air soda

Tapi, tetap yang paling aman dan paling ampuh adalah menggunakan cairan khusus pembersih jamur kaca mobil.

“Kalau mau lebih aman bisa menggunakan obat khusus jamur kaca mobil, karena kalau obat khusus jamur memiliki sifat hydrophobic atau air daun talas. Sehingga air tidak akan menempel pada kaca dan jamur pun berkurang,” ujar Christopher.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com