Ladies, Ini Bahaya Duduk Menyamping Saat Bonceng Motor

Kompas.com - 12/05/2022, 14:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Masih banyak wanita yang menjadi penumpang sepeda motor memiliki kebiasaan duduk menyamping.

Duduk menyamping saat dibonceng oleh sepeda motor memang lebih praktis saat wanita sedang memakai pakaian yang tidak memadai untuk duduk menghadap depan. Bahkan, ada pula pemboceng yang duduk menyamping karena kebiasaan.

Edo Rusyanto, Koordinator Jaringan Aksi Keselamatan Jalan (Jarak Aman), mengatakan jika cara duduk menyamping saat dibonceng berbahaya.

Baca juga: Mengapa Lampu Kabin Mobil Harus Mati Saat Berkendara di Malam Hari?

"Saat duduk menyamping dikhawatirkan dapat mengurangi keseimbangan pengendara," kata Edo kepada Kompas.com.

Edo menjelaskan jika kebiasaan wanita duduk menyamping saat dibonceng di motor dapat mengurangi kewaspadaan dari pengendara motor sehingga keseimbangan saat berkendara terganggu.

Jika dari sisi keamanan akan berbahaya dan rentan terjadi kecelakaan. Potensi penumpang yang terlontar bisa lebih besar.

postur boncengan yang sempurnaAstra Motor Jateng postur boncengan yang sempurna

Cara duduk yang baik saat menjadi penumpang motor yaitu duduk menghadap ke depan sama seperti pengendara.

Agar lebih nyaman saat dibonceng, ada baiknya untuk memperhatikan juga pakaian yang digunakan. Untuk wanita, akan lebih baik jika menggunakan celana panjang.

Baca juga: Risiko Gunakan Helm Tanpa Kaca

"Jadi yang sewajarnya saja, karena semuanya itu sudah diperhitungkan dengan baik, terutama untuk keselamatan dan kenyamanan," ujar Edo.

Sementara itu, Jusri Pulubuhu, Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC), mengatakan jika posisi pembonceng memang sangat penting sebagai unsur keselamatan berkendara.

“Duduk yang paling ideal menghadap ke depan. Selain itu juga penumpang harus membekap atau memeluk pengendara, seperti menyatu,” kata Jusri kepada Kompas.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.