Antre Perpanjangan SIM di Yogya, Pemohon SIM Kebanyakan Pemudik

Kompas.com - 11/05/2022, 17:23 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Antrean panjang terpantau di kantor Satuan Pelayanan Administrasi SIM (Satpas) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Selasa (10/5/2022).

Kebijakan dispensasi layanan perpanjangan SIM pasca-liburan Lebaran disambut antusias tinggi oleh masyarakat DIY.

“Kami rekap dari jajaran polres wilayah, mengalami kenaikan lonjakan pemohon perpanjang SIM dengan prosentase dari 80-100 persen,” jelas Kasi SIM Subdit Regident Ditlantas POLDA DIY Kompol Meike Rachmawaty kepada Kompas.com di Yogyakarta, pada Selasa (10/5/2022).

Baca juga: Masa Berlaku SIM Habis Saat Libur Lebaran, Jangan Khawatir Ada Dispensasi

Suasana pengunjung Satpas DIY yang melonjak menyusul dispensasi perpanjangan SIM pasca libur Lebaran- Suasana pengunjung Satpas DIY yang melonjak menyusul dispensasi perpanjangan SIM pasca libur Lebaran

Bahkan, bukan hanya disambut warga asli DIY, pengunjung Satpas juga diisi oleh pemudik yang belum kembali ke kota asal. Mereka memanfaatkan momen mudik untuk memperpanjang SIM di Kota Yogyakarta.

“Untuk layanan dispensasi ini lumayan banyak ya, dan berasal bukan hanya dari Yogya, namun juga pemudik yang masih berada di Yogya sebelum kembali ke rantau,” tambah Meike.

Baca juga: 4 Motor Custom Yamaha XSR 155 Builder Jawa Tengah & Yogya

Suasana pengunjung Satpas DIY yang melonjak menyusul dispensasi perpanjangan SIM pasca libur Lebaran- Suasana pengunjung Satpas DIY yang melonjak menyusul dispensasi perpanjangan SIM pasca libur Lebaran

Hal itu dimungkinkan karena sistem pelayanan SIM yang sekarang sudah bisa dilakukan secara online. Lalu pelayanan administrasi SIM pun juga bisa dilakukan di seluruh wilayah Indonesia tanpa harus sesuai alamat domisili KTP.

“Pembuatan SIM baru dan perpanjangan SIM dapat dilayani di seluruh wilayah Indonesia, jadi pengunjung bisa sekalian liburan dan memperpanjang SIM di Yogya,” tuturnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.