Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Antisipasi Kemacetan, Tol Cikampek dari Arah Dalam Kota Ditutup Sementara

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menutup sementara Tol Cikampek dari arah Tol Dalam Kota dan Tol Priok mulai pukul 10.45 WIB hari ini, Jumat (6/5/2022).

Langkah tersebut dilakukan untuk mengurangi arus ke arah Timur yang terpantau masih cukup tinggi sejak jelang periode arus balik mudik Idul Fitri 1443 atau Lebaran 2022 Kamis (5/5/2022) kemarin.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan bahwa rekayasa ini akan dilakukan secara situasional. Artinya, dihentikan apabila petugas di lapangan melihat arus lalu lintas lancar kembali.

"Pukul 10.45 WIB Tol Cikampek ditutup dari arah Tol Dalam Kota dan Tol Priok. Penutupan akan dilakukan di Cawang," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat.

"Akses menuju Tol Cikampek bisa lewat toll JORR," lanjut Sambodo.

Sementara itu, dalam upaya mengurai kepadatan pada hari pertama arus balik Lebaran 2022 Polda Metro Jaya juga menerapkan sistem satu arah atau one way di ruas jalan tol menuju Gerbang Tol Halim.

Pasalnya, menurut Sambodo terdapat kurang lebih 1,2 juta kendaraan dari luar daerah yang diperkirakan bakal masuk ke Jakarta melalui Gerbang Tol Halim.

Kendaraan tersebut datang dari wilayah Jawa Tengah dan Jawa barat melalui Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) dan Kalihurip Utama (Kalitama).

"Kalau kami jumlahkan kurang lebih ada 1,2 juta kendaraan yang nanti akan lewat Gerbang Tol Halim sebagai pintu masuk dari arah timur ke kota Jakarta," ujar Sambodo.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/06/105935015/antisipasi-kemacetan-tol-cikampek-dari-arah-dalam-kota-ditutup-sementara

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke