Kompas.com - 06/05/2022, 07:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menghindari antrean SPBU dan kepadatan di rest area, PT Jasamarga Related Business (JMRB) dan PT Pertamina (Persero) akan membatasi pembelian bahan bakar minyak (BBM) di rest area di ruas jalan tol yang dikelola Jasa Marga Group.

“Kami akan membatasi pembelian BBM bagi setiap kendaraan apabila terjadi antrean panjang, untuk mengantisipasi kepadatan di SPBU,” ujar General Manager Perencanaan dan Pengendalian Operasional PT JMRB Meta Herlina Puspitaningtyas, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (5/5/2022).

Namun, jika upaya tersebut tidak dapat mengurai kepadatan di rest area, maka pengemudi diminta untuk mengisi BBM di rest area lain atau mencari SPBU lain di luar jalan tol.

Baca juga: Kemenhub Dukung Penerapan Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Tol

Nantinya, petugas rest area akan mengarahkan pengguna jalan untuk melakukan pengisian BBM di rest area selanjutnya atau alternatif lain yaitu di jalan arteri.

SPBU modular di sejumlah rest area jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga GroupDok. PT JMRB SPBU modular di sejumlah rest area jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group

“Kami juga bekerja sama dengan kepolisian akan melakukan rekayasa buka-tutup jika rest area mengalami kepadatan atau terjadi antrean hingga jalan utama,” ucap Meta.

Tak hanya itu, PT JMRB juga berupaya meningkatkan sejumlah pelayanan operasional.

Baca juga: Etika Menyalip Kendaraan Saat Kondisi Jalan Macet

Peningkatan pelayanan pada arus balik ini di antaranya dengan menambah petugas rest area untuk membantu menunjukkan arah kepada pengunjung dan menempatkan petunjuk arah yang jelas di titik-titik strategis.

Penambahan petugas juga berfungsi untuk memastikan ketersediaan parkir dan menertibkan kendaraan di area parkir.

“Hasil evaluasi kami pada arus mudik kemarin, masih banyak pengunjung yang kebingungan mencari fasilitas rest area, salah satunya adalah toilet,” kata Meta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.