Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cegah Kepadatan, Pengisian BBM di SPBU Rest Area Dibatasi

Kompas.com - 06/05/2022, 07:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna menghindari antrean SPBU dan kepadatan di rest area, PT Jasamarga Related Business (JMRB) dan PT Pertamina (Persero) akan membatasi pembelian bahan bakar minyak (BBM) di rest area di ruas jalan tol yang dikelola Jasa Marga Group.

“Kami akan membatasi pembelian BBM bagi setiap kendaraan apabila terjadi antrean panjang, untuk mengantisipasi kepadatan di SPBU,” ujar General Manager Perencanaan dan Pengendalian Operasional PT JMRB Meta Herlina Puspitaningtyas, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (5/5/2022).

Namun, jika upaya tersebut tidak dapat mengurai kepadatan di rest area, maka pengemudi diminta untuk mengisi BBM di rest area lain atau mencari SPBU lain di luar jalan tol.

Baca juga: Kemenhub Dukung Penerapan Rekayasa Lalu Lintas di Jalur Tol

Nantinya, petugas rest area akan mengarahkan pengguna jalan untuk melakukan pengisian BBM di rest area selanjutnya atau alternatif lain yaitu di jalan arteri.

SPBU modular di sejumlah rest area jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga GroupDok. PT JMRB SPBU modular di sejumlah rest area jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group

“Kami juga bekerja sama dengan kepolisian akan melakukan rekayasa buka-tutup jika rest area mengalami kepadatan atau terjadi antrean hingga jalan utama,” ucap Meta.

Tak hanya itu, PT JMRB juga berupaya meningkatkan sejumlah pelayanan operasional.

Baca juga: Etika Menyalip Kendaraan Saat Kondisi Jalan Macet

Peningkatan pelayanan pada arus balik ini di antaranya dengan menambah petugas rest area untuk membantu menunjukkan arah kepada pengunjung dan menempatkan petunjuk arah yang jelas di titik-titik strategis.

Penambahan petugas juga berfungsi untuk memastikan ketersediaan parkir dan menertibkan kendaraan di area parkir.

“Hasil evaluasi kami pada arus mudik kemarin, masih banyak pengunjung yang kebingungan mencari fasilitas rest area, salah satunya adalah toilet,” kata Meta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com