Ekstrem Jangan Ditiru, Modifikasi Setang Malaikat

Kompas.com - 06/05/2022, 10:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi merupakan hal lumrah pada sepeda motor. Meski demikian, modifikasi yang baik ialah yang mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan.

Beredar video di media sosial memperlihatkan setang motor Yamaha Vixion yang diubah jadi model jepit. Tapi, berbeda dari yang lain, posisi setang motor satu ini sangat ekstrem.

@maserwin345 ada yang bisa bawa selain owner-nya ngga ???????? #vikion_kodraat???????? #vikionkurvavaluna #meme #fyp ? suara asli - Erwin_Dohc

Dalam video yang diunggah akun TikTok Erwin Dohc itu, posisi setangya sudah vertikal alias tegak lurus ke arah bawah. Bahkan, posisinya tegak sejajar dengan fork atau batang suspensi depan.

Baca juga: Motor Listrik Baru Harley-Davidson Siap Meluncur

Dalam video disebutkan bahwa setang dengan model demikian disebut "Setang Malaikat." Kemudian menantang netizen apakah ada yang bisa mengendarainya atau tidak.

Terlepas dari gaya modifikasinya, posisi setang sangat krusial di motor. Setang merupakan kemudi, karena itu, pabrikan sudah merancang posisi ideal agar pengendara nyaman.

 

Setang sepeda motor yang ditengokkan ke kanan (khusus untuk motor Honda) dan dikunci, cukup merepotkan maling karena tak leluasa menjangkau lubang kunci.Otomania-Donny Apriliananda Setang sepeda motor yang ditengokkan ke kanan (khusus untuk motor Honda) dan dikunci, cukup merepotkan maling karena tak leluasa menjangkau lubang kunci.

Sebetulnya modifikasi bentuk setang diperbolehkan asal tidak ekstrem dan dengan tujuan untuk mempermudah serta meningkatkan kenyamanan sang pengendara.

Baca juga: Dovi Sebut Yamaha Fokus Puaskan Quartararo

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, sebaiknya motor tidak dimodifikasi yang ekstrem seperti mengganti setang apalagi jika motornya dipakai harian.

“Kecuali untuk special event seperti balap dan display, sah saja. Namun, ubahan setang tadi sudah tidak sesuai dengan kebutuhannya, jadi rawan hilang keseimbangan,” ucap Sony kepada Kompas.com.

 

Setang jepit merek Nui Racing Setang jepit merek Nui Racing

Sony mengatakan, motor harian harus memenuhi standar keamanan, kesehatan, dan kenyamanan. Dengan begitu, pengendara bisa tetap fokus dan tubuh fit.

Baca juga: Ini Ruas Tol yang Paling Padat Selama Masa Mudik Lebaran

“Usahakan posisi grip setang tidak boleh berbeda jauh letak, posisi, lebar, dan materialnya sehingga riding position tidak berubah. Tapi, kalau cuma untuk gaya saja, terlalu merepotkan, mending urungkan saja,” kata Sony.

Sony mengingatkan, jangan menganggap remeh modifikasi sekecil apa pun yang dapat mengganggu keamanan, keseimbangan, dan kesehatan. Jika tidak terlalu dibutuhkan, lebih baik motor tetap dijaga dalam kondisi standar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.