Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ekstrem Jangan Ditiru, Modifikasi Setang Malaikat

JAKARTA, KOMPAS.com - Modifikasi merupakan hal lumrah pada sepeda motor. Meski demikian, modifikasi yang baik ialah yang mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan.

Beredar video di media sosial memperlihatkan setang motor Yamaha Vixion yang diubah jadi model jepit. Tapi, berbeda dari yang lain, posisi setang motor satu ini sangat ekstrem.

Dalam video disebutkan bahwa setang dengan model demikian disebut "Setang Malaikat." Kemudian menantang netizen apakah ada yang bisa mengendarainya atau tidak.

Terlepas dari gaya modifikasinya, posisi setang sangat krusial di motor. Setang merupakan kemudi, karena itu, pabrikan sudah merancang posisi ideal agar pengendara nyaman.

Sebetulnya modifikasi bentuk setang diperbolehkan asal tidak ekstrem dan dengan tujuan untuk mempermudah serta meningkatkan kenyamanan sang pengendara.

Training Director Safety Defensive Consultant Indonesia Sony Susmana mengatakan, sebaiknya motor tidak dimodifikasi yang ekstrem seperti mengganti setang apalagi jika motornya dipakai harian.

“Kecuali untuk special event seperti balap dan display, sah saja. Namun, ubahan setang tadi sudah tidak sesuai dengan kebutuhannya, jadi rawan hilang keseimbangan,” ucap Sony kepada Kompas.com.

Sony mengatakan, motor harian harus memenuhi standar keamanan, kesehatan, dan kenyamanan. Dengan begitu, pengendara bisa tetap fokus dan tubuh fit.

“Usahakan posisi grip setang tidak boleh berbeda jauh letak, posisi, lebar, dan materialnya sehingga riding position tidak berubah. Tapi, kalau cuma untuk gaya saja, terlalu merepotkan, mending urungkan saja,” kata Sony.

Sony mengingatkan, jangan menganggap remeh modifikasi sekecil apa pun yang dapat mengganggu keamanan, keseimbangan, dan kesehatan. Jika tidak terlalu dibutuhkan, lebih baik motor tetap dijaga dalam kondisi standar.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/05/06/100200115/ekstrem-jangan-ditiru-modifikasi-setang-malaikat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke