Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skema Rekayasa Lalu Lintas Jelang Puncak Arus Balik Lebaran 2022

Kompas.com - 05/05/2022, 12:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri memprediksi arus balik Lebaran 2022 akan terjadi pada 7 dan 8 Mei 2022.

Guna menghadapi kepadatan yang terjadi selama arus balik nanti, pihak kepolisian akan memberlakukan beberapa kebijakan menghadapi arus balik, antara lain pemberlakukan sistem satu arah (one way) dan kebijakan ganjil genap.

“Kita sudah membuat jadwal yang sudah disosialisasikan kepada masyarakat. Artinya masyarakat sudah tahu bahwa jadwal one way ganjil-genap pada arus balik akan dimulai pada hari Jumat sampai dengan pukul 24.00 WIB. Namun untuk waktu pemberlakuan lebih lanjut bersifat situasional,” ucap Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan, melalui keterangan resmi, Kamis (5/5/2022).

Baca juga: Jangan Sampai Terjebak, Ini Jadwal One Way dan Ganjil Genap Arus Balik

Dalam mengantisipasi terjadinya kepadatan arus balik atau stagnasi macet, kepolisian akan menutup semua akses masuk ke arah barat, kemudian mengeluarkan kendaraan di Tol Cipali ke arteri Pantura, serta penambahan penuh oneway ganjil genap hingga Km 3+500 Jakarta.

Bahkan, akan diteruskan keluar di Semanggi atau pun dikeluarkan di 5 alternatif yang telah disiapkan Ditlantas Metro.

Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar.ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH Sejumlah kendaraan melintas di tol Jakarta-Cikampek, Bekasi Jawa Barat, Minggu (1/11/2020). Pada arus balik libur cuti bersama dan Maulid Nabi Muhammad SAW, lalu lintas di tol Jakarta-Cikampek terpantau ramai lancar.

Sebelumnya, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengungkapkan soal potensi kemacetan di jalan tol, jalan raya nasional, hingga kawasan Merak-Bakauheni saat puncak arus balik.

Baca juga: Kemacetan Mudik Lebaran 2022, One Way dan Tol Merak Perlu Dievaluasi

Setidaknya ada 85,5 juta masyarakat, 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

Jokowi pun mengimbau para pemudik yang pulang ke kampung halamanan untuk kembali lebih awal ke tanah rantau guna menghindari kemacetan.

“Jangan semua nanti kembali arus baliknya semuanya di hari Sabtu dan Minggu. Pasti akan terjadi titik-titik kemacetan, terutama di tol maupun jalan nasional, maupun di Merak-Bakauheni,” kata Jokowi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com