H+2 Lebaran 2022, 39.315 Kendaraan Menuju Bandung Lewat Tol Cileunyi

Kompas.com - 06/05/2022, 06:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk mencata arus kendaraan menuju Bandung via Tol Cileunyi pada H+2 Lebaran 2022 atau Rabu (4/5/2022) mencapai 39.315 kendaraan.

Jumlah tersebut meningkat sebesar 44,96 persen jika dibandingkan pada periode normal alias November 2021. Pada periode ini, arus lalu lintas di GT Cileunyi tertinggi selama masa pandemi Covid-19.

"Meningkat 44,96 persen dibanding lalu lintas new normal sebanyak 27.121 kendaraan," ujar Marketing and Communication Department Head Jasamarga Metropolitan Tollroad, Irra Susiyanti, dalam keterangan tertulis, Kamis (5/5/2022).

Baca juga: Hindari Pengemudi Agresif Agar Bebas Stress Saat Terjebak Macet

Menginjak H-5 lebaran 2022 arus di Cileunyi dan Nagreg masih normal. Pihak jasa marga mencatat hanya 3-4 ribu kendaraan masuk dan keluar dari Gate Tol Cileunyi, Rabu (27/4/2022)KOMPAS.com/ M ELGANA MUBAROKAH Menginjak H-5 lebaran 2022 arus di Cileunyi dan Nagreg masih normal. Pihak jasa marga mencatat hanya 3-4 ribu kendaraan masuk dan keluar dari Gate Tol Cileunyi, Rabu (27/4/2022)

Sementara itu, meski Idul Fitri telah berlalu, volume lalu lintas keluar dari Bandung menuju wilayah Rancaekek, Garut dan sekitarnya melalui GT Cileunyi juga meningkat meski tidak signifikan.

"Tercatat sebanyak 30.085 kendaraan atau meningkat 8,08 persen dari lalin new normal yaitu sebanyak 27.836 kendaraan," kata Irra.

Ia menambahkan, ada rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan serta mendistribusi lalu lintas dari arah Bandung menuju Jakarta.

Baca juga: Arus Balik Lebaran 2022, Volume Kendaraan di Tol Japek Meningkat

H-7 mudik lebaran 2022 arus lalu lintas terpantau masih ramai lancar, di beberapa titik mulai dari Exit Tol Cileunyi kendaraan yang mendominasi kebanyakan kendaraan roda 4, juga didominasi pengendara lokal, Senin (25/4/2022).KOMPAS.com/ M ELGANA MUBAROKAH H-7 mudik lebaran 2022 arus lalu lintas terpantau masih ramai lancar, di beberapa titik mulai dari Exit Tol Cileunyi kendaraan yang mendominasi kebanyakan kendaraan roda 4, juga didominasi pengendara lokal, Senin (25/4/2022).

Atas diskresi dari kepolisian, pada Rabu kemarin pukul 13.20 WIB, diterapkan rekayasa lalu lintas dengan pengoperasian jalur fungsional Jalan Tol Jakarta Cikampek II Selatan.

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan agar menggunakan satu kartu e-toll yang sama untuk pembayaran di jalan tol dengan sistem transaksi tertutup seperti ruas Tol Cipularang, Padaleunyi, serta JORR II.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.