Waktu yang Tepat Memeriksa Tekanan Udara Ban Mobil

Kompas.com - 04/05/2022, 16:41 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com— Ban merupakan salah satu komponen penting pada mobil, karena ban adalah satu-satunya komponen yang bersentuhan dengan aspal.

Oleh karena itu, memastikan kondisi ban mobil tetap dalam keadaan prima sangat penting. Mengecek tekanan udara ban mobil menjadi salah satu yang bisa dilakukan untuk memastikan ban dalam keadaan baik.

Baca juga: Pahami Pentingnya Penumpang di Tiap Baris Pakai Seat Belt

Presiden Direktur Michelin Indonesia Steven Vette mengatakan jika pemeriksaan tekanan udara  ban mobil wajib dilakukan secara rutin karena berkaitan dengan faktor keselamatan berkendara.

"Jangka waktu ideal memeriksa tekanan udara pada ban mobil adalah dua minggu sekali, atau selambat-lambatnya satu bulan sekali, tetapi jangan sampai lebih dari satu bulan tidak mengecek tekanan angin pada ban," kata Steve pada Kompas.com. 

Ilustrasi ban mobilDok. Autoindustriya.com Ilustrasi ban mobil
Steve menjelaskan jika kurangnya tekanan udara atau mengisi secara berlebihan, dapat mengakibatkan ban haus lebih cepat. Bahkan daya cengkram berkurang sehingga kendaraan boros bahan bakar.

Secara umum pengendara memiliki pengetahuan yang baik tentang tekanan yang ideal, namun masih jarang memeriksa tekanan angin secara rutin.

Baca juga: Bolehkah Pakai Air Keran buat Isi Cairan Wiper Mobil?

Customer Engineering Support Michelin Indonesia Mochammad Fachrul Rozi, menyarankan agar pengendara rutin meluangkan waktu beberapa menit setiap bulan untuk memeriksa tekanan udara ban mobil.

"Meskipun tidak ada kerusakan yang terlihat di permukaan, ban bisa kehilangan tekanan udara hingga 1 psi setiap bulan. Hal ini dapat dipercepat oleh kebocoran udara dikarenakan kebocoran yang tidak disengaja, kebocoran pada katup atau tutup katup, atau kerusakan roda," kata Fachrul.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.