Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bertemu Kendaraan Besar di Jalur Mudik, Perhatikan Hal Ini

Kompas.com - 04/05/2022, 15:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada hal penting yang harus diperhatikan saat berkendara pada musim mudik, yakni memperhatikan kondisi keselamatan di jalan.

Terlebih bepergian dengan ribuan kendaraan lain menuju tempat yang sama membuat kemungkinan terjadinya kecelakaan semakin besar.

Tak terkecuali dengan kendaraan-kendaraan yang berukuran besar. Pasalnya, kecelakaan yang melibatkan kendaraan penumpang dengan kendaraan berukuran besar seperti truk dan bus penumpang kerap terjadi saat kesibukan mudik.

Baca juga: Mudik 2022, Ada Dua Masalah Utama pada Arus Lalu Lintas Menurut BPJT

Training Director Safety Defensive Consultant Sony Susmana mengatakan, pengemudi kendaraan kecil baiknya selalu meningkatkan kewaspadaan saat berdekatan dengan kendaraan besar.

“Kalau bisa hindari terlalu dekat dengan kendaraan besar. Baiknya segera mendahului lalu menjauh atau kalau kendaraan besar tersebut melaju kencang, seperti bus malam, biarkan dia lewat,” ucap Sony saat dihubungi Kompas.com beberapa waktu lalu.

Ribuan sopir truk beserta kendaraannya memadati Jalan Frontage A. Yani, Surabaya, Jawa Timur, tepatnya di depan Kantor Dinas Perhubungan Jatim, untuk melakukan aksi demonstrasi menolak aturan ODOL, Selasa (22/2/2022).KOMPAS.COM/GHINAN SALMAN Ribuan sopir truk beserta kendaraannya memadati Jalan Frontage A. Yani, Surabaya, Jawa Timur, tepatnya di depan Kantor Dinas Perhubungan Jatim, untuk melakukan aksi demonstrasi menolak aturan ODOL, Selasa (22/2/2022).

Sony melanjutkan, kecelakaan kerap terjadi biasanya akibat posisi kendaraan kecil yang kebetulan berada di dekat kendaraan besar. Tanpa melihat kesalahan pengemudi kendaraan besar, kendaraan kecil juga harus melihat kondisi sekelilingnya.

Menurut Sony, posisi terbaik dengan kendaraan besar berada di bagian belakang. Bila berada di bagian depan kerap menjadi korban dari ketidaksiapan kendaraan besar atau pengemudi yang ceroboh.

Baca juga: Membawa Hewan Peliharaan Saat Mudik, Perhatikan Hal Ini

“Berada di belakang juga membuat kita bisa melihat dan menilai kondisi jarak aman. Kadang bus dan truk punya distribusi beban yang tidak merata sehingga rentan mengalami rem blong bahkan terguling. Ini yang membuat baiknya kita menghindar bila dekat kendaraan besar,” katanya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com