Kompas.com - 28/04/2022, 15:41 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemerintah akhirnya memperbolehkan mudik Lebaran setelah dua tahun belakangan ini absen karena Covid-19. Para pemudik terpantau mulai meramaikan Tol Trans Jawa sejak Rabu (27/4/2022) malam.

Bagi Anda yang mengarah ke Jawa Tengah ataupun Jawa Timur, penting untuk mengetahui lokasi SPBU untuk menjaga kondisi BBM selalu ada.

Dwi Puja Ariestya, Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, memastikan kesiapan Pertamina untuk melayani konsumen di jalur Tol Trans Jawa.

Baca juga: Mencegah Kantuk Saat Mudik Menggunakan Mobil Pribadi

Kendaraan melaju di jalan tol Trans Jawa. Kenali lokasi rest area di ruas tol yang dilewati untuk menghindari berkendara dalam keadaan lelah.ANTARA FOTO/SISWOWIDODO Kendaraan melaju di jalan tol Trans Jawa. Kenali lokasi rest area di ruas tol yang dilewati untuk menghindari berkendara dalam keadaan lelah.

"Ada 7 lokasi SPBU reguler yang tersedia di Tol Trans Jawa antara KM 252 hingga KM 519. 3 SPBU di Ruas Tol A (Jakarta menuju Surabaya) yaitu di KM 379, KM 429, dan KM 519," ucap Dwi, beberapa waktu lalu.

Sementara itu, terdapat juga 4 SPBU lainnya di Ruas Tol B (Surabaya menuju Jakarta), tepatnya di KM 519, KM 389, KM 360, dan KM 260.

Dwi menambahkan, layanan pengisian tambahan disiapkan di beberapa titik rest area yang lain berupa 8 unit Pertashop dan 1 unit SPBU modular.

Baca juga: Aturan Ganjil Genap di Jakarta Ditiadakan Selama Libur Lebaran 2022

"5 di antaranya di Ruas Tol A yaitu di KM 252, KM 275, KM 338, KM 456, dan KM 519. Sementara 4 titik lainnya di Ruas Tol B, tepatnya di KM 519, KM 456, KM 294, dan KM 282," ujar Dwi.

Selain itu, Pertamina juga menyiapkan mobil siaga atau mobil yang membawa BBM kemasan apabila ada pemudik yang kehabisan BBM di tengah jalan tol.

"Ada 3 Mobil Siaga yang disiapkan di 3 titik yaitu di pintu keluar tol Tegal, pintu keluar tol Kaliwungu, dan pintu keluar tol Ngemplak, Gondangrejo," kata Dwi.

Baca juga: Honda Luncurkan Motor untuk Keperluan Niaga Super Cub 110 Pro

Ilustrasi SPBU Pertamina saat permintaan meningkat.

Dok Pertamina Ilustrasi SPBU Pertamina saat permintaan meningkat.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relation & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, Brasto Galih Nugroho, mengungkapkan, Pertamina akan menambah stok BBM di beberapa titik SPBU yang berpotensi adanya lonjakan.

"Mobil tangki tersebut disebut dengaan istilah SPBU kantong," ucap Brasto.

Sebanyak 57 mobil tangki disiapkan di 57 SPBU baik di Tol Trans Jawa maupun di luar Tol Trans Jawa. Utamanya di lokasi-lokasi yang ramai konsumen baik itu di Jawa Tengah maupun Daerah Istimewa Yogyakarta

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.