Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemudik dengan Sepeda Motor Padati Pelabuhan Merak

Kompas.com - 28/04/2022, 15:13 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber NTMC Polri

MERAK, KOMPAS.com - Mendekati Lebaran 2022, pemudik di Pelabuhan Merak semakin ramai. Pemudik yang menggunakan sepeda motor mulai memadati Pelabuhan Merak, Banten.

Pemudik yang menggunakan motor memilih melakukan perjalanan lebih awal agar terhindar dari kemacetan saat puncak arus mudik yang diprediksi bakal terjadi H-3.

Baca juga: Modifikasi Honda C700 Jadi Lebih Muda

“Pukul 04.00 lebih kami pihak kepolisian berlakukan sistem buka tutup jalan agar memperlancar lalu lintas ke Pelabuhan Merak. Tentunya kami butuh kerja sama dan pengertian masyarakat karena memang terus mengatur sehingga ada kantong-kantong parkir di Cikuasa Atas,” kata Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono, mengutip NTMC Polri, Kamis (28/4/2022).

Sepeda motor menjadi sarana yang murah dan mudah untuk mudik.Warta Kota/ Nur Ichsan Sepeda motor menjadi sarana yang murah dan mudah untuk mudik.

Pemotor mulai memadati Pelabuhan Merak pada pukul 03.00 WIB. Semua dermaga kecuali dermaga eksekutif dipenuhi pemotor yang akan menyeberang ke Sumatera.

Pengelola pelabuhan menyiapkan tenda yang diperuntukkan bagi pemotor untuk antre masuk ke kapal. Tenda itu terletak di semua dermaga pelabuhan.

Semua tenda dipenuhi pemudik, dan ingga pukul 05.15 WIB, situasi di pelabuhan masih dipadati pemudik motor.

Baca juga: Tes Konsumsi dan Estimasi Biaya BBM Rute Jalur Mudik Trans-Jawa

Sejumlah pemudik motor melintasi Jalur Arteri Karawang, Rabu (27/4/2022).KOMPAS.COM/FARIDA Sejumlah pemudik motor melintasi Jalur Arteri Karawang, Rabu (27/4/2022).

Pemudik diimbau sabar menunggu giliran masuk ke kapal. Sebab sistem buka tutup jalan ini diberlakukan dengan pola jika kantong parkir dermaga mukai kosong, kendaraan yang disekat di Cikuasa Atas akan ditarik menuju pelabuhan secara bergantian.

Sigit mengatakan sistem ini cukup efektif untuk menghindari stagnasi arus lalu lintas di jalur arteri menuju pelabuhan.

Adapun dengan adanya sistem buka tutup ini, kendaraan dari arah Sumatera menuju Jakarta dialihkan ke jalur Cikuasa Bawah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber NTMC Polri
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com