Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 28/04/2022, 15:11 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) memetakan lokasi rawan kecelakaan di sejumlah ruas jalan tol di wilayah Jawa, mulai ruas Jakarta-Merak sampai dengan Probolinggo.

Kendati tidak disebut secara rinci besaran tingkat kecelakaannya, peta terkait diperoleh dan diolah perseroan selama periode tahun 2020-2021. Sehingga cukup relevan untuk menjadi pertimbangan pengendara.

Direktur Utama Jasa Marga Tol Semarang-Batang Prayudi menjelaskan, suatu wilayah menjadi rawan kecelakaan karena faktor pengemudi yang kelelahan saat berkendara.

Baca juga: Catat, Operasional Satpas SIM Selama Libur Lebaran

Sejumlah kendaraan pemudik melaju di Jalan Tol Palimanan-Kanci, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Uji coba sistem ganjil genap di Jalan Tol Trans-Jawa dilanjutkan hingga Gerbang Tol Kalikangkung untuk mengantisipasi peningkatan kendaraan yang akan berdampak perlambatan hingga kemacetan panjang pada arus mudik Lebaran 2022.ANTARA FOTO/DEDHEZ ANGGARA Sejumlah kendaraan pemudik melaju di Jalan Tol Palimanan-Kanci, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). Uji coba sistem ganjil genap di Jalan Tol Trans-Jawa dilanjutkan hingga Gerbang Tol Kalikangkung untuk mengantisipasi peningkatan kendaraan yang akan berdampak perlambatan hingga kemacetan panjang pada arus mudik Lebaran 2022.

"Mayoritas, disebabkan jarak tempuh yang cukup jauh. Pengendara itu harus menempuh jarak 104 kilometer untuk bisa beristirahat di rest area selanjutnya (ruas Semarang-Batang)," kata dia belum lama ini.

"Selain itu, biasanya (wilayah rawan kecelakaan) terjadi pada ruas yang cenderung datar dan lurus, termasuk cuaca panas siang hari seperti di ruas Semarang-Solo," kata Prayudi.

Oleh karena itu, diimbau kepada seluruh seluruh pengguna jalan supaya meningkatkan kewaspadaan demi keselamatan dan kenyamanan arus mudik Lebaran 2022.

Serta, menyesuaikan kembali saat melakukan perjalanan jarak jauh saat mudik Lebaran tahun ini. Mengingat, potensi kepadatan sangat tinggi dibanding dua tahun sebelumnya.

Baca juga: Tujuh Gerbang Tol yang Jadi Filter Ganjil Genap Arus Mudik

Daerah rawan kecelakaan di jalur tol Jawa 2020-2021dok.JasaMarga Daerah rawan kecelakaan di jalur tol Jawa 2020-2021

Lebih jauh, berikut daerah rawan kecelakaan jalur tol periode 2020-2021 di wilayah Jawa:

-Ruas Tol Jakarta Merak
Km 70-94 arah Jakarta
Km 28 arah Merak

-Ruas tol Cikopo - Palimanan (Cipali)
Km 78-89 arah Palimanan
Km 132-150 arah Palimanan
Km 107-119 arah Jakarta
Km 184 arah Jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.