Kompas.com - 27/04/2022, 11:02 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com— Mudik menggunakan mobil pribadi masih menjadi pilihan yang diminati oleh banyak orang, karena mampu menekan anggaran perjalanan dan lebih nyaman.

Meskipun demikian, rasa kantuk menjadi masalah klasik yang sering menimpa pengemudi. Ditambah lagi, kondisi lalu lintas di Indonesia kerap alami kemacetan sehingga membuat durasi berkendara lebih lama sehingga menguras fisik.

Alhasil, pengemudi mudah dilanda rasa lelah dan mengantuk. Pengemudi mobil yang mengantuk saat berkendara akan membahayakan keselamatan jiwa. Oleh karena itu, hal ini tidak boleh disepelekan.

Baca juga: Xpander Cross buat Mudik Jakarta-Surabaya, Siapkan Dana Rp 1,3 Jutaan

Dokter Steinley mengatakan jika ada beberapa cara untuk mencegah kantuk saat mengendarai mobil di musim mudik.

“Cara-cara sederhana untuk menghilangkan kantuk saat puasa di perjalanan mudik itu bisa dengan beberapa cara. Salah satunya dengan mencuci muka menggunakan air dingin. Itu bisa membantu kita lebih segar,” katanya saat dihubungi oleh Kompas.com.

Dr. Steinley juga menyarankan agar pengemudi harus melakukan pemanasan dengan meregangkan badan agar tubuh tidak kaku. Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk menyempatkan diri singgah di rest area untuk istirahat dan olahraga peregangan.

Ilustrasi mengantuk saat berkendara.albayan Ilustrasi mengantuk saat berkendara.

Pada rest area pengemudi dapat menggunakan air di toilet umum atau membeli air mineral kemasan yang dingin untuk membasuh muka. Selain itu, pengemudi dapat melakukan gerakan-gerakan kecil agar otot tidak kaku usai berkendara.

Jika terlalu memaksakan diri untuk berkendara dengan durasi yang lama, tubuh akan mudah lelah dan mengantuk.

Baca juga: Motorhome Buatan Laksana, Siapkan Dana Rp 300 Jutaan

Penyebab orang mengantuk saat berpuasa ada banyak. Pertama pola tidur berubah, kedua karena metabolisme pada tubuh berubah. Sementara itu, suhu AC yang dingin di mobil juga menambah rasa kantuk.

“Menyetir mobil dengan AC terlalu dingin akan membuat pembuluh darah di tubuh kita menyempit. Alhasil, aliran oksigen darah ke otak berkurang sehingga membuat mudah mengantuk. Jadi kalau bisa suhu ruangan di mobil itu jangan terlalu dingin saat perjalanan mudik. Dan juga, gunakan pakaian yang sebisa mungkin harus membuat nyaman, ” kata Dr. Steinley.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.