Kompas.com - 27/04/2022, 17:31 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pelabuhan Merak menjadi salah satu titik kemacetan pada mudik lebaran 2022. Apalagi di media sosial sempat beredar kabar macet total di Pelabuhan Merak, Selasa (26/4/2022) malam.

Misalnya seperti pada video yang diunggah akun Ellyeyboy56 di Tiktok belum lama ini. Terlihat kepadatan mobil yang sedang mengantre untuk masuk ke kawasan Pelabuhan Merak.

"Diharapkan yang mau mudik, siang-siang maupun pagi, kalau malam tidak bergerak sama sekali," ucapnya dalam video tersebut yang dikutip Kompas.com, Rabu (27/4/2022).

Baca juga: Video Pelabuhan Merak Padat, Mulai Lancar Pagi Ini

@ellyeboy56

 

? suara asli - @Egi pranata

 

Selain itu, kepadatan di pelabuhan membuat antrean yang cukup panjang sampai ke Gerbang Tol (GT) Merak, Selasa malam.

Untuk mengantisipasi kepadatan pemudik di Merak ketika malam hari, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi meminta adanya persebaran pergerakan penumpang lebih merata ke siang hari. Agar arus mudik di Pelabuhan Penyeberangan Merak-Bakauheni lancar.

Baca juga: Motorhome Buatan Laksana, Siapkan Dana Rp 300 Jutaan

“Saya rekomendasikan ada disparitas harga tiket penyeberangan di siang hari dengan malam hari. Yang siang hari dibuat lebih murah sehingga diharapkan pergerakan lebih merata,” ujar Budi dikutip dari situs Kemenhub, Rabu (27/4/2022).

Selain itu, Budi mengatakan, untuk memperlancar pergerakan kapal, perlu dilakukan penambahan dua dermaga milik Pelindo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.