Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Sebut Street Race Legal Tekan Angka Balap Liar

Kompas.com - 24/04/2022, 13:41 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Setelah sukses menggelar street race di Ancol, Polda Metro Jaya kini menyelenggarakan balapan tersebut di daerah BSD, Pagedangan, Tangerang.

Balapan yang difasilitasi oleh Polda Metro Jaya ini digelar selama selama tiga hari berturut-turut, mulai Jumat (22/4/2022) hingga Minggu (24/4/2022).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo yang ditemui di gelaran hari kedua, Sabtu (23/4/2022) mengatakan, street race dapat menekan jumlah balap liar.

Baca juga: Estimasi Ongkos Mudik Jakarta-Surabaya Naik Toyota Veloz

Tim Sunmori BMC Racing Bogor full team di Street Race BSD Tangerang, Sabtu (23/4/2022).KOMPAS.com/ANNISA RAMADANI SIREGAR Tim Sunmori BMC Racing Bogor full team di Street Race BSD Tangerang, Sabtu (23/4/2022).

"Secara faktuil ada (penurunan). Tempat-tempat yang sering terjadi balapan liar itu sekarang sudah mulai berkurang. Apalagi di bulan puasa kita tahu bahwa ada kegiatan balapan setelah subuh, setelah sahur dan sebagainya," katanya ditemui di lokasi, Sabtu (24/4/2022).

Secara umum kata Sambodo, Ramadhan tahun ini cukup kondusif. Dia mengatakan balap liar yang kerap terjadi selama bulan puasa mulai menurun.

"Di bulan puasa seperti ini saya pikir cukup tertib ya. Kita belum mendengar adanya balapan setelah subuh. Kalaupun ada sifatnya kecil-kecilan," katanya.

Meski demikian Sambodo tidak merinci berapa persen penurunan balap liar yang terjadi, baik karena adanya street race atau upaya pencegahan lain penertiban masyarakat yang dilakukan kepolisian.

"Waduh kita belum studi sampai sana, tapi turun jauh," katanya.

Baca juga: [VIDEO] Mencoba Fitur Unik All New Honda HR-V

Lebih Heboh, Peserta Uji Mesin Sejak Pagi di Hari Kedua Street Race BSD Tangerang, Sabtu (23/4/2022)KOMPAS.com/ANNISA RAMADANI SIREGAR Lebih Heboh, Peserta Uji Mesin Sejak Pagi di Hari Kedua Street Race BSD Tangerang, Sabtu (23/4/2022)

"Dari anggota yang sering patroli di lapangan, lokasi-lokasi yang sering terjadi balap liar seekarang sudah hampir tidak ada. Kemayoran sepi, Kebon Jeruk hanpir tidak ada, terus di Palmerah tidak ada, di Antasari juga," katanya.

Sambodo mengatakan, ruang gerak pelaku balap liar semakin sempit di bulan puasa sebab pihaknya juga melakukan antisipasi pergerakan sahur on the road.

"Apalagi ada antisipasi sahur on the road yang kita laksanakan di 13 kawasan. Ini juga tentu akan sedikit banyak mengurangi balapan liar dan menciptakan Jakarta yang lebih aman dan kondusif," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com