Polisi Sebut Street Race Legal Tekan Angka Balap Liar

Kompas.com - 24/04/2022, 13:41 WIB
|


TANGERANG SELATAN, KOMPAS.com - Setelah sukses menggelar street race di Ancol, Polda Metro Jaya kini menyelenggarakan balapan tersebut di daerah BSD, Pagedangan, Tangerang.

Balapan yang difasilitasi oleh Polda Metro Jaya ini digelar selama selama tiga hari berturut-turut, mulai Jumat (22/4/2022) hingga Minggu (24/4/2022).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo yang ditemui di gelaran hari kedua, Sabtu (23/4/2022) mengatakan, street race dapat menekan jumlah balap liar.

Baca juga: Estimasi Ongkos Mudik Jakarta-Surabaya Naik Toyota Veloz

Tim Sunmori BMC Racing Bogor full team di Street Race BSD Tangerang, Sabtu (23/4/2022).KOMPAS.com/ANNISA RAMADANI SIREGAR Tim Sunmori BMC Racing Bogor full team di Street Race BSD Tangerang, Sabtu (23/4/2022).

"Secara faktuil ada (penurunan). Tempat-tempat yang sering terjadi balapan liar itu sekarang sudah mulai berkurang. Apalagi di bulan puasa kita tahu bahwa ada kegiatan balapan setelah subuh, setelah sahur dan sebagainya," katanya ditemui di lokasi, Sabtu (24/4/2022).

Secara umum kata Sambodo, Ramadhan tahun ini cukup kondusif. Dia mengatakan balap liar yang kerap terjadi selama bulan puasa mulai menurun.

"Di bulan puasa seperti ini saya pikir cukup tertib ya. Kita belum mendengar adanya balapan setelah subuh. Kalaupun ada sifatnya kecil-kecilan," katanya.

Meski demikian Sambodo tidak merinci berapa persen penurunan balap liar yang terjadi, baik karena adanya street race atau upaya pencegahan lain penertiban masyarakat yang dilakukan kepolisian.

"Waduh kita belum studi sampai sana, tapi turun jauh," katanya.

Baca juga: [VIDEO] Mencoba Fitur Unik All New Honda HR-V

Lebih Heboh, Peserta Uji Mesin Sejak Pagi di Hari Kedua Street Race BSD Tangerang, Sabtu (23/4/2022)KOMPAS.com/ANNISA RAMADANI SIREGAR Lebih Heboh, Peserta Uji Mesin Sejak Pagi di Hari Kedua Street Race BSD Tangerang, Sabtu (23/4/2022)

"Dari anggota yang sering patroli di lapangan, lokasi-lokasi yang sering terjadi balap liar seekarang sudah hampir tidak ada. Kemayoran sepi, Kebon Jeruk hanpir tidak ada, terus di Palmerah tidak ada, di Antasari juga," katanya.

Sambodo mengatakan, ruang gerak pelaku balap liar semakin sempit di bulan puasa sebab pihaknya juga melakukan antisipasi pergerakan sahur on the road.

"Apalagi ada antisipasi sahur on the road yang kita laksanakan di 13 kawasan. Ini juga tentu akan sedikit banyak mengurangi balapan liar dan menciptakan Jakarta yang lebih aman dan kondusif," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.