Kirim Sepeda Motor Pakai Kereta Api, Motor Harus Punya Standar Tengah

Kompas.com - 24/04/2022, 14:41 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Program angkutan gratis sepeda motor dengan moda kereta atau motis KAI tahun ini kembali lagi. Motis 2022 sendiri merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan setiap musim mudik tiba.

Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan pemudik dan mengurangi jumlah kecelakaan sepeda motor. Tentunya program ini akan membantu kegiatan mudik di tahun ini yang mana dua tahun sebelumnya sempat dilarang. 

Baca juga: Ada 56 Titik Bengkel Jaga Yamaha, Pemudik Pakai Merek Lain Boleh Masuk

Bagi yang tertarik kirim motor gratis saat mudik, masa pendaftaran sudah dibuka yaitu20 April – 8 Mei 2022. Tahun ini ada kapasitas untuk mengangkut 9.280 unit motor secara gratis.

Manager Area Barat II PT. Kereta Api Logistik, Wisesa Witaraga menyarankan jika pemudik harus mendaftar dengan cepat untuk mengikuti program motis.

“Ada batasan kuota yang mana hanya untuk 9.280 unit motor saja, jadi harus cepat-cepat karena siapa cepat akan mendapatkan kesempatan ini. Tidak hanya itu saja, operasional pendaftarannya juga terbatas dari yaitu 20 April – 8 Mei 2022,” katanya pada Kompas.com.

Suasana gudang KAI Logistik cabang Pasar Senen menyambut Lebaran 2022Janlika Putri Suasana gudang KAI Logistik cabang Pasar Senen menyambut Lebaran 2022

Wisesa juga mengatakan jika pemudik yang tertarik pada program motis dapat mendaftar online dengan mengakses link bit.ly/motis2022, atau mengunjungi langsung stasiun-stasiun yang telah ditunjuk untuk melayani angkutan Motis 2022.

Tidak hanya di Jakarta saja, program motis ini juga diadakan di Solo, Yogyakarta dan Semarang. Totalnya ada sebelas tempat yang melayani program motis dan di bagi menjadi lintas utara juga lintas selatan.

Untuk syarat mengikuti program kirim motor gratis menggunakan kereta hanya perlu menunjukan telah memiliki tiket mudik. Peserta motis harus memiliki baik itu tiket kereta api, bus ataupun travel.

Baca juga: Ingat, Tangki BBM Harus Kosong Saat Kirim Motor Pakai Kereta

“Batas waktu penyerahan motor H-1 sebelum tanggal keberangkatan. Motor yang bisa dikirim yaitu motor dengan ukuran maksimal 200 cc dan telah memenuhi syarat teknis,” kata Wisesa.

Syarat teknis yang dimaksud yaitu kaca spion pada motor harus dilepas, tangki BBM wajib dikosongkan, tidak diperkenankan menambah aksesoris motor, kunci motor dibawa oleh pemudik selama proses pengiriman dan motor tidak dalam kondisi stang terkunci.

Tidak hanya itu saja, motor juga harus dilengkapi dengan standar tengah serta pegangan bagian belakang atau behel motor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.