Ingat, Tangki BBM Harus Kosong Saat Kirim Motor Pakai Kereta

Kompas.com - 24/04/2022, 09:01 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com – Mengirim sepeda motor ke kampung halaman menggunakan ekspedisi menjadi hal yang tidak asing lagi saat musim mudik tiba.

Kereta menjadi pilihan untuk mengirim motor ke kampung halaman. Cara ini akan membuat mudik menjadi lebih nyaman dan aman. Pemudik akan terhindar dari rasa lelah yang mengakibatkan potensi kecelakaan saat mudik menggunakan motor.

Bagi yang berminat mengirimkan sepeda motor menggunakan kereta, hendaknya pemudik harus mengetahui persyaratan pengiriman terlebih dahulu.

Baca juga: Hasil FP3 MotoGP Portugal, Oliveira Tercepat

Manager Area Barat II PT. Kereta Api Logistik, Wisesa Witaraga mengatakan jika tangki bahan bakar minyak sepeda motor harus kosong agar bisa memenuhi syarat.

“Untuk ketentuan peserta yang menggunakan layanan dari KAI Logistik, pemudik harus mengosongkan tangki bahan bakar minyak (bensin). Itu standar kita untuk mengirimkan motor,” katanya baru-baru ini pada Kompas.com.

Wisesa menjelaskan, aturan ini bukanlah sekedar hal sepele karena berkaitan dengan keselamatan saat berkendara. Tangki bahan bakar yang kosong akan mencegah terjadinya kebakaran.

Suasana gudang KAI Logistik cabang Manggarai menyambut Lebaran 2022Janlika Putri Suasana gudang KAI Logistik cabang Manggarai menyambut Lebaran 2022

Cairan bahan bakar yang berada di motor sensitif terhadap panas. Saat berada di dalam gerbong kereta dengan suhu yang panas, bahan bakar yang tertinggal di tangki bensin akan mudah bereaksi menjadi uap.

Pada saat itulah mudah timbul percikan api yang dapat menimbulkan kejadian kebakaran. Oleh karena itu, penting untuk memastikan tangki bahan bakar kosong.

“Kalau motor yang akan dikirim tiba ke gudang KAI Logistik masih ada bahan bakar yang tersisa, maka akan kami bantu untuk kosongkan. Namun itu kan jadi mubazir karena terbuang percuma, baiknya kosong terlebih dahulu sebelum tanggal pengiriman,” ujar Wisesa.

Baca juga: Alasan Pemerintah Imbau Tidak Mudik Pakai Sepeda Motor

Sementara itu, untuk pengiriman motor menggunakan kereta dapat dari beberapa lokasi layanan KAI logistik. Untuk di Jakarta, KAI logistik dapat ditemui di stasiun Manggarai, Bekasih, Jatinegara, Pasar senen.

Saat motor sudah dikirim, dari setiap cabang kantor akan di kirim ke Jakarta Gudang. Dengan kata lain, semua motor akan berangkat dari Jakarta Gudang untuk naik kereta.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.