Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kirim Sepeda Motor Pakai Kereta Api, Motor Harus Punya Standar Tengah

Hal ini untuk mengantisipasi lonjakan pemudik dan mengurangi jumlah kecelakaan sepeda motor. Tentunya program ini akan membantu kegiatan mudik di tahun ini yang mana dua tahun sebelumnya sempat dilarang. 

Bagi yang tertarik kirim motor gratis saat mudik, masa pendaftaran sudah dibuka yaitu20 April – 8 Mei 2022. Tahun ini ada kapasitas untuk mengangkut 9.280 unit motor secara gratis.

Manager Area Barat II PT. Kereta Api Logistik, Wisesa Witaraga menyarankan jika pemudik harus mendaftar dengan cepat untuk mengikuti program motis.

“Ada batasan kuota yang mana hanya untuk 9.280 unit motor saja, jadi harus cepat-cepat karena siapa cepat akan mendapatkan kesempatan ini. Tidak hanya itu saja, operasional pendaftarannya juga terbatas dari yaitu 20 April – 8 Mei 2022,” katanya pada Kompas.com.

Tidak hanya di Jakarta saja, program motis ini juga diadakan di Solo, Yogyakarta dan Semarang. Totalnya ada sebelas tempat yang melayani program motis dan di bagi menjadi lintas utara juga lintas selatan.

Untuk syarat mengikuti program kirim motor gratis menggunakan kereta hanya perlu menunjukan telah memiliki tiket mudik. Peserta motis harus memiliki baik itu tiket kereta api, bus ataupun travel.

“Batas waktu penyerahan motor H-1 sebelum tanggal keberangkatan. Motor yang bisa dikirim yaitu motor dengan ukuran maksimal 200 cc dan telah memenuhi syarat teknis,” kata Wisesa.

Syarat teknis yang dimaksud yaitu kaca spion pada motor harus dilepas, tangki BBM wajib dikosongkan, tidak diperkenankan menambah aksesoris motor, kunci motor dibawa oleh pemudik selama proses pengiriman dan motor tidak dalam kondisi stang terkunci.

Tidak hanya itu saja, motor juga harus dilengkapi dengan standar tengah serta pegangan bagian belakang atau behel motor.

https://otomotif.kompas.com/read/2022/04/24/144100315/kirim-sepeda-motor-pakai-kereta-api-motor-harus-punya-standar-tengah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke