Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2022, 03:01 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjelang Lebaran di 2022, masyarakat diperbolehkan untuk mudik ke kampung halaman. Syaratnya pun kini lebih sederhana, cukup sudah divaksin booster, maka tidak perlu bawa hasil negatif tes antigen atau PCR.

Salah satu moda transportasi yang dipakai orang untuk mudik adalah kendaraan pribadi, misal mobil. Bahkan diprediksi volume kendaraan yang akan melewati ruas Tol Cipali meningkat 48 persen.

Jalan tol saat ini memang menjadi pilihan untuk pergi ke luar kota. Apalagi dengan adanya Trans Jawa, sanggup menyambungkan kota di barat Pulau Jawa sampai ke timur.

Baca juga: Titik Potensi Kepadatan Arus Mudik di Tol Jagorawi

Ilustrasi kartu elektronikStanly/KompasOtomotif Ilustrasi kartu elektronik

Tapi perlu diingat, saat ini untuk membayar tol tidak bisa menggunakan uang tunai, melainkan uang elektronik atau e-toll. Cara membayarnya adalah dengan menempelkan kartu uang elektronik ke mesin yang ada di pintu tol.

Lalu, kartu uang elektronik apa saja yang bisa digunakan untuk melintasi ruas tol tersebut?

Tody Satria, Marketing & Communication Department Head Jasamarga Transjawa Toll Road Regional Division mengatakan, ada empat kartu uang elektronik yang bisa digunakan untuk membayar tol di Trans Jawa.

Baca juga: Siap-siap, Ada Rencana Uji Coba Ganjil Genap di Tol Japek Lebih Awal

"Untuk kartu tol yang dapat digunakan transaksi seperti dari Bank Mandiri (e-Money), BNI (Tap Cash), BRI (Brizzi), dan BCA (Flazz)," ucap Tody kepada Kompas.com, Sabtu (23/4/2022).

Sementara itu, Marketing & Communication Dept. Head Jasamarga Metropolitan Tollroad Irra Susiyanti mengatakan, kartu JakCard dari Bank DKI hanya bisa digunakan untuk ruas tol di wilayah Jabodetabek seperti Tol Dalam Kota, Sedyatmo, JORR, dan Pondok Aren.

Lebih lengkap, Jakcard dapat digunakan di 18 Gerbang Tol (GT) Ruas Tol Jakarta - Tangerang, 12 GT Ruas Tol Prof. Dr. Ir. Soedijatmo, 17 GT Ruas JORR E1, E2, E3, 6 GT Ruas JORR W2S dan Pondok Aren – Ulujami, 15 GT Ruas JORR S, 7 GT JORR W1 dan 9 GT JORR W2U.

"Selain ruas tersebut, Jakcard juga telah dapat digunakan di Ruas Tol Dalam Kota (Cawang-Tomang-Pluit) dan Ruas Jagorawi. Selain itu belum bisa," kata Irra.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.