Kompas.com - 23/04/2022, 17:52 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - MotoGP Portugal memberikan kesulitan tersendiri dengan kondisi cuacanya. Meski demikian, Miguel Oliveira berhasil menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas FP3.

Pebalap tuan rumah tersebut berhasil mencatatkan waktu tercepat 1 menit 50,552 detik. Padahal, pemenang MotoGP Mandalika ini sebelumnya tidak terlalu menonjol performanya pada FP1 dan FP2.

Baca juga: Hasil FP2 MotoGP Portugal, Giliran Pol Espargaro Tercepat

Kondisi cuaca di Sirkuit Portimao masih sama seperti kemarin. Jalannya sesi latihan bebas FP3 masih diwarnai dengan hujan. Kondisi ini juga membuat banyak pebalap terjatuh.

Joan Mir saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)PATRICIA DE MELO MOREIRA Joan Mir saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Joan Mir yang ada di posisi kedua terlihat cukup konsisten. Selain itu, yang menarik adalah Fabio Quartararo yang akhirnya bisa naik ke posisi ketiga.

Dengan kondisi trek yang basah, seharusnya memberikan keuntungan tersendiri bagi Yamaha. Sebab, top speed tiap motor jadi tidak perlu maksimal seperti saat kondisi trek kering.

Baca juga: Hasil FP1 MotoGP Portugal, Marc Marquez Tercepat di Lintasan Basah

Posisi keempat kembali ditempati oleh pebalap KTM, yakni Brad Binder. Melihat performa KTM, potensi kedua pebalapnya bisa naik podium cukup besar.

Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by GABRIEL BOUYS / AFP)GABRIEL BOUYS Fabio Quartararo saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by GABRIEL BOUYS / AFP)

Johann Zarco yang biasanya cukup piawai di kondisi trek yang basah hanya bisa berada di posisi kelima. Sementara posisi keenam, ditempati oleh Aleix Espargaro.

Jack Miller juga hanya sanggup mengakhiri FP3 di posisi ketujuh. Marc Marquez merosot cukup jauh dengan tertahan di posisi kedelapan.

Sementara posisi kesembilan, ditempati oleh Franco Morbidelli yang konsisten juga berada di sepuluh besar. Marco Bezzecchi juga tertahan di posisi kesepuluh.

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)PATRICIA DE MELO MOREIRA Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Portugal 2022. (Photo by PATRICIA DE MELO MOREIRA / AFP)

Pebalap LCR Honda, Alex Marquez dan Takaaki Nakagami, merosot hingga posisi ke-11 dan ke-14. Padahal, sempat masuk sepuluh besar pada sesi latihan bebas sebelumnya.

Salah satu pebalap top yang terlihat sangat kesulitan adalah Francesco Bagnaia yang berakhir di posisi ke-12. Alex Rins juga tertahan di posisi ke-16.

Cukup banyak pebalap lain yang merosot jauh, seperti Jorge Martin di posisi ke-17, Pol Espargaro di posisi ke-20, Andrea Dovizioso di posisi ke-21, dan Enea Bastianini di posisi ke-23.

Hasil FP3 MotoGP Portugal 2022
1. M. OLIVEIRA 1:50.552
2. J. MIR +0.049
3. F. QUARTARARO +0.054
4. B. BINDER +0.107
5. J. ZARCO +0.691
6. A. ESPARGARO +0.696
7. J. MILLER +0.701
8. M. MARQUEZ +0.833
9. F. MORBIDELLI +0.903
10. M. BEZZECCHI +0.959

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.