Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hindari Celaka, Ini Tips Berkendara Jarak Jauh dengan Motor

Kompas.com - 23/04/2022, 19:22 WIB
Zulfana Khoirur Rijal,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

JAKARTA,KOMPAS.com- Walau pemerintah menghimbau untuk tidak mudik menggunakan sepeda motor, namun tak bisa dipungkiri bila animonya masih sangat banyak.

Terlebih survei ketiga Badan Litbang Perhubungan per Maret 2022, menunjukkan angka cukup besar dari masyarakat yang memilih menggunakan kendaraan pribadi.

Jumlahnya sekitar 46,6 persen (39,8 juta orang), yang terbagi mobil pribadi 26,8 persen (22,9 juta orang) dan pengguna motor 19,8 persen (16,9 juta orang).

Bagi yang terpaksa mudik dengan motor, ada baiknya untuk mempersiapkan segala sesuatu dengan matang.

Baca juga: Siap-siap, Ada Rencana Uji Coba Ganjil Genap di Tol Japek Lebih Awal


Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengatakan, baiknya pemudik sudah mempersiapkan rencana perjalanan jauh-jauh hari.

Perencanaan di sini adalah mempelajari rute, sehingga pemudik tahu seberapa jauh dan lama perjalanan. Selain itu juga harus tahu kapan dan di mana harus beristirahat.

“Lakukan perencanaan perjalanan yang matang ketika mudik. karena perjalanan itu cukup jauh dan memakan waktu yang panjang,” kata Agus, kepada Kompas.com melalui wawancaraa daring pada Sabtu (23/4/2022).

Tak kalah penting, pemudik sudah harus mempersiapkan motor yang akan digunakan. Lakukan pengecekan kembali sebelum berangkat.

Baca juga: Alasan Pemerintah Imbau Tidak Mudik Pakai Sepeda Motor

Pemudik sepeda motor terjebak kemacetan saat melintasi posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (11/5/2021) dini hari. Petugas gabungan memutar balikan ribuan pemudik yang melintasi pos penyekatan perbatasan Bekasi -Karawang, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/pras.WAHYU PUTRO A Pemudik sepeda motor terjebak kemacetan saat melintasi posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (11/5/2021) dini hari. Petugas gabungan memutar balikan ribuan pemudik yang melintasi pos penyekatan perbatasan Bekasi -Karawang, Jawa Barat. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/pras.

Hal itu untuk meminimalisir masalah-masalah yang kemungkinan bisa saja terjadi pada perjalanan panjang.

“Pertama melakukan pengecekan motor, pastikan saat digunakan dalam kondisi baik,” tukas Agus.

Perjalanan jauh membutuhkan kondisi tubuh yang prima. Karena itu, sebisa mungkin melakukan peregangan kecil sebelum menarik gas motor.

Baca juga: Catat Tarif Kirim Sepeda Motor Ke Jawa Tengah Pakai Kereta

Meski terkesan sepele, tapi kegunaannya untuk melancarkan peredaran darah. Dengan begitu, fokus pengendara akan lebih terjaga dalam perjalanan.

Ilustrasi perempuan naik motorFoto: Yamaha Ilustrasi perempuan naik motor

Tak kalah penting, pastikan peralatan dalam perjalanan mudik nyaman saat digunakan. Usahakan menggunakan jaket yang tahan angin, tapi tak mengganggu gerak pengendara saat di jalan.

Pakai sarung tangan yang nyaman untuk perjalanan jauh. Siapkan juga cadangan agar bisa diganti saat basah terkena keringat atau hujan.

“Pengendara baiknya menggunakan peralatan berkendara yang nyaman, jangan sampai mengganggu ketika dalam perjalanan jauh,” katanya.

Baca juga: Mudik 2022, Polisi Siapkan Rest Area Khusus buat Sepeda Motor

Menjaga konsentrasi menjadi yang paling penting guna agar bisa berkendara fokus dan selamat. Karena itu, jangan ragu untuk menepi sekadar beristirahat.

Petugas Kepolisian melakukan memutarbalikkan pemudik motor yang akan melintas di posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). Pada H-3 jelang Hari Raya Idul Fitri 1422 H petugas gabungan dari TNI,Polri,Dishub dan Satpol PP memperketat penjagaan pemudik di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Karawang.ANTARA FOTO/FAKHRI HERMANSYAH Petugas Kepolisian melakukan memutarbalikkan pemudik motor yang akan melintas di posko penyekatan mudik di Kedungwaringin, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Minggu (9/5/2021). Pada H-3 jelang Hari Raya Idul Fitri 1422 H petugas gabungan dari TNI,Polri,Dishub dan Satpol PP memperketat penjagaan pemudik di perbatasan Kabupaten Bekasi dan Karawang.

Usahakan tiap dua hingga dua setengah jam perjalanan beristirahat setidaknya 15 menit untuk mengembalikan konsentrasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com