Antisipasi Mobil Terbakar, Ingat Cek Komponen Mobil Sebelum Berkendara

Kompas.com - 23/04/2022, 15:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil yang terbakar bisa menjadi salah satu indikasi bahwa ada mesin atau komponen mobil yang tidak bekerja dengan semestinya.

Penyebabnya juga beragam. Bisa karena adanya korsleting kabel, atau juga karena kebocoran tangki bensin yang diakibatkan oleh kecelakaan atau tabrakan.

Baru-baru ini terjadi kembali kasus mobil terbakar di Jalan Raya Pondok Indah, Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan pada Jumat (22/4/2022) sore.

Baca juga: Gegera Motor Terbakar di Basement, Puluhan Kendaraan Ikut Hangus

Rekaman video yang beredar diunggah oleh akun Instagram @merekamjakarta, satu unit mobil terbakar habis hingga hangus. Sejumlah petugas pemadam kebakaran terlihat berusaha memadamkan api.

Perwira Piket Gulkarnat Jakarta Selatan Usman menjelaskan bahwa insiden bermula saat mobil melintas di area Bunderan Pondok Indah, ketika tiba-tiba muncul asap semakin membesar di bagian depan di bawah kap mesin, kemudian mobil berhenti.

"Muncul api dari bagian depan dan terus membesar. Pemilik menghubungi kantor dinas pemadam dan diteruskan ke kantor Sudin Pemadam Jakarta Selatan," ucap Usman seperti dikutip Kompas Megapolitan, Jumat (22/4/2022).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Jakarta Lewat Kamera (@merekamjakarta)

Akibatnya, mobil tersebut dikatakan terbakar hingga hampir 90 persennya. Pemadaman mobil yang terbakar tersebut memakan waktu sekitar 20 menit. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan mesin mobil terbakar, baik saat mobil dalam keadaan terparkir atau sedang dikendarakan, seperti korsleting dan overheat.

Salah satu hal lain yang bisa menimbulkan kebakaran adalah adanya barang yang tertinggal di ruang mesin, misalnya kain lap atau material pembersih lainnya saat pemilik kendaraan sedang membersihkan mobil.

Baca juga: Bukan Hiasan, Ini Fungsi Tuas Kecil pada Spion Tengah

"Hal ini berbahaya karena berpotensi menimbulkan kebakaran. Untuk itu, selalu cek kembali ruang mesin secara teliti apakah ada barang yang mudah terbakar tertinggal sebelum menutup kap mesin," ucap Service Director PT Suzuki Indomobil Sales, Riecky Patrayudha.

Penting bagi pengemudi untuk selalu mengecek komponen mobil sebelum berkendara. Kemudian, saat akan memarkir mobil, perhatikan juga barang-barang yang akan ditinggalkan di kabin. Barang seperti powerbank yang diisi dayanya melalui soket mobil kemudian ditinggal, bisa meledak dan menyebabkan mobil kebakaran.

"Pengisian daya powerbank yang masih terpasang di soket, dapat menyebabkan korsleting pada baterai dan berpotensi meledak," ucap Riecky.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.